Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:23 WIB | Jumat, 29 November 2019

Potret Remaja Mozart Dilelang

Potret Mozart usia remaja dilelang di Christie's, Paris, Prancis. (Foto: Arab News/Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Sebuah potret langka Wolfgang Amadeus Mozart dijual seharga 4 juta euro (setara Rp62 miliar) pada hari Rabu (27/11/2019) di Christie’s di Paris, Prancis, meroket melewati perkiraan harga rumah lelang senilai 800.000-1,2 juta euro.

Karya seni, salah satu dari empat potret komposer Austria yang dilukis selama masa hidupnya dan masih menjadi bagian dari koleksi pribadi itu, dilukis pada tahun 1770. Karya seni itu dikaitkan dengan pelukis Italia, Giambettino Cignaroli.

Potret minyak di atas kanvas menggambarkan Mozart berusia 13 tahun dengan mengenakan wig putih dan mantel merah memainkan harpsichord, dengan skor musik hanya terlihat di tepi bingkai.

“Yang sangat menarik tentang potret itu adalah skor musiknya. Ini sebenarnya hanya diketahui dari potret itu, sehingga beberapa ahli musik mengatakan itu mungkin karya Mozart sendiri,” kata Astrid Centner-d ‘Oultremont, kepala departemen Old Masters di rumah lelang Inggris cabang Paris itu, seperti dilaporkan Reuters dan dikutip Arab News.

Pada saat lukisan itu dibuat, Mozart sedang bepergian ke Italia ketika ia melanjutkan pendidikan seninya, dan mengadakan konser di seluruh negeri.

Potret itu dibuat atas permintaan pejabat keuangan Venesia, Pietro Lugiati, beberapa hari setelah konser organ yang digelar Mozart di Verona pada Januari 1770.

Mozart lahir pada 1756 di Salzburg di Austria, dan meninggal pada 1791.

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home