Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:46 WIB | Minggu, 22 Juni 2014

Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK di Survei Puskaptis

Prabowo Subianto. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyatakan elektabilitas capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terus meningkat meninggalkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Hasil ini membuat pasangan Prabowo-Hatta unggul sekitar 2,39 persen. Dengan data ini menunjukan bahwa pasangan Prabowo-Hatta memasuki fase tren positif naik sementara Jokowi-JK mulai stagnan dan cenderung masuk fase tren negatif," kata Direktur Puskaptis Husin Yazid di Jakarta, Minggu (22/6).

Dari survei yang dilangsungkan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dari 16 sampai 21 Juni 2014, pasangan dengan nomor urut 1 itu memperoleh 45,60 persen suara, sedangkan pasangan Jokowi-JK mendulang 43,21 persen suara.

Ia menyebutkan survei tersebut juga memetakan beberapa wilayah yang menjadi basis kekuatan dari pasangan koalisi merah putih.

"Wilayah yang menjadi keunggulan pasangan Prabowo-Hatta ada di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah (pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan), sedangkan pasangan Jokowi-JK unggul di tiga wilayah Indonesia timur (Bali, Sulawesi, Papua-Maluku)," katanya.

Ia mengatakan wilayah Pulau Jawa dan Sumatera jumlah penduduknya sekitar 59 persen dan 21 persen dari penduduk Indonesia, berarti tim sukses Prabowo-Hatta harus mengoptimalkan elektabilitasnya.

Tidak hanya itu, menurut dia, elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta meningkat lantaran masyarakat sudah melihat mantan Danjen Kopassus tersebut dalam acara debat capres yang sudah digelar sebanyak dua kali.

"Yang mempengaruhi elektabilitas Prabowo-Hatta adalah masyarakat mampu melihat visi dan misinya secara jelas melalui acara debat capres, tidak bisa dipungkiri hal itu sangat berpengaruh pada elektabilitas Prabowo,"katanya.

Survei tersebut menggunakan teknik "multistage random sampling" dengan responden sebanyak 2400. Margin error 1,8 persen serta melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home