Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 06:56 WIB | Minggu, 25 Oktober 2020

Prancis Bangun Peternakan Serangga Dalam Ruangan Terbesar di Dunia

Prancis Bangun Peternakan Serangga Dalam Ruangan Terbesar di Dunia
Ulat bambu (mealworm) yang dibudidayakan di Ynsect. (Foto: Reuters)
Prancis Bangun Peternakan Serangga Dalam Ruangan Terbesar di Dunia
Dua pekerja di peternakan ulat bambu (mealworm) Ynsect. (Foto: dok. Ist.)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Meningkatnya permintaan global akan makanan, tetapi ada keterbatasan lahan, salah satu perusahaan rintisan Prancis mengatakan jawabannya adalah peternakan serangga dalam ruangan.

Ynsect, perusahaan itu, mengumpulkan US$ 224 juta dari investor termasuk Footprint Coalition dari bintang Hollywood, Robert Downey Jr,  bulan ini untuk membangun peternakan serangga kedua di Amiens, Prancis bagian utara.

Perusahaan ini membiakkan ulat bambu (mealworm) yang menghasilkan protein untuk ternak, makanan hewan, dan pupuk, dan akan menggunakan dana tersebut untuk membangun tempat yang disebutnya sebagai peternakan serangga terbesar di dunia.

Rencananya akan dibuka pada awal 2022, dan akan menghasilkan 100.000 ton produk serangga seperti tepung dan minyak setiap tahun, dan menghemat penggunaan lahan sekaligus menciptakan 500 pekerjaan.

Pabrik setinggi 40 meter yang berada di lahan 40.000 meter persegi, akan menjadi "pertanian vertikal tertinggi di dunia, dan pertanian vertikal dengan negatif karbon pertama di dunia," kata CEO dan salah satu pendiri Ynsect, Antoine Hubert, kepada Reuters.

Dia berbicara di pabrik pertama perusahaan itu, yang dibuka di Dole, Prancis timur pada tahun 2016, di mana ban berjalan membawa nampan berisi jutaan ulat bambu yang menggeliat.

“Penting untuk mengembangkan sektor serangga saat ini karena dunia membutuhkan lebih banyak protein, lebih banyak makanan, lebih banyak pakan untuk memberi makan hewan yang pada akhirnya akan menghasilkan daging dan ikan... Tapi di luar ini, jelas, makanan manusia adalah pasar,” kata Hubert. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home