Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:05 WIB | Rabu, 24 Oktober 2018

Presiden China Resmikan Jembatan Terpanjang di Dunia

Ilustrasi. Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau setelah upacara peresmian di Zhuhai, China, 23 Oktober 2018. (Foto: Voaindonesia.com)

CHINA, SATUHARAPAN.COM – Presiden China, Xi Jinping, meresmikan jembatan terbesar di dunia yang menghubungkan Hong Kong, Macau, dan China daratan pada Selasa (23/10). Jembatan ini resmi beroperasi pada saat Beijing memperkuat daerah semiotonomnya

Xi mengumumkan, pembukaan resmi jembatan tersebut dalam upacara yang dihadiri oleh para pemimpin Hong Kong dan Macau, di terminal pelabuhan di Kota Zhuhai selatan.

“Dengan ini saya nyatakan jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau resmi dibuka,” kata Xi dengan kembang api digital diluncurkan pada layar di belakangnya pada upacara dalam ruangan tersebut, Kantor Berita AFP melaporkan.

Jembatan sepanjang 55 km ini meliputi jalan yang meliuk dan terowongan bawah air, menghubungkan Pulau Lantau di Hong Kong ke Zhuhai dan daerah wisata judi, Macau, di seberang perairan Muara Mutiara.

Jembatan ini merupakan proyek infrastruktur besar kedua yang menghubungkan Hong Kong ke Cina, yang diresmikan dalam hitungan minggu. Proyek pertama yang telah diresmikan adalah setelah pembukaan sambungan rel kereta api cepat bulan lalu, dan proyek ini juga merupakan bagian dari strategi Beijing untuk menciptakan “Greater Bay Area” pusat ekonomi luas di kawasan teluk.

Para kritikus mengatakan, jembatan miliaran dolar ini adalah salah satu cara untuk mengintegrasikan Hong Kong dengan China di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa kebebasan yang dinikmati di pulau tersebut mulai terkikis.

Jembatan ini mulai beroperasi pada Rabu (24/10).

Pembangunannya dimulai pada 2009, namun sempat terhambat karena kurangnya pendanaan, persidangan dugaan korupsi dan tewasnya beberapa pekerja konstruksi tersebut. (Voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home