Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:56 WIB | Jumat, 20 Januari 2017

Presiden Cile Berharap Trump Hormati Amerika Latin

Ilustrasi. Donald Trump, ketika berada di lokasi luar Capitol AS di Washington, DC pada tanggal 9 September 2015. (Foto: AFP/ Saul Loeb)

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Presiden Cile Michelle Bachelet mengatakan pada Kamis (19/1) bahwa dia berharap Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan mempertahankan hubungan saling menghormati dan kerja sama dengan Amerika Latin ketika dia mengambil alih Gedung Putih.

Beberapa jam sebelum Trump dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45, Bachelet mengatakan kepada AFP bahwa negara-negara bagian di Amerika Selatan menantikan keputusan apa yang akan dia ambil dan janji kampanye mana yang akan dia penuhi.

Para pemimpin Amerika Selatan belum melihat ada proposal pasti sehubungan dengan kebijakan Trump terhadap Amerika Latin, kata dia.

“Kami berharap bahwa hubungan saling menghormati dan kerja sama antara Amerika Latin dan Amerika Serikat bisa diteruskan,” kata Bachelet.

“Semua orang di sini menantikan proposal apa yang akan diajukan dan hal penting apa yang akan Presiden Trump berikan kepada kawasan ini," kata Bachelet.

"Cile, yang memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika Serikat. Secara historis memiliki hubungan baik dengan Amerika Serikat, dan kami berharap hubungan ini berlanjut,” kata Bachelet.

Presiden Cile juga mengatakan masih ada harapan terkait masa depan Perjanjian Perdagangan Trans-Pasifik (Trans-Pacific Trade Agreement/TPP), yang ditandatangani Cile dan sejumlah negara Pasifik lainnya namun ditentang Trump.  (AFP/Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home