Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 12:48 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Presiden Jokowi Belanja Sepatu Diskon di Mantos

Presiden Jokowi Belanja Sepatu Diskon di Mantos
Saat ditanya para wartawan berbelanja apa saja di mal tersebut, Presiden menjawab belanja sepatu karena ada diskonnya. (Foto-foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi Belanja Sepatu Diskon di Mantos
Banyaknya pengunjung mal yang ingin bersalaman dengan Presiden menyebabkan Presiden berjalan dengan perlahan untuk menyapa dan memenuhi keinginan masyarakat berfoto bersama.

MANADO, SATUHARAPAN.COM - Di luar agenda kunjungan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‘blusukan’ ke Manado Town Square (Mantos) 3 di Kota Manado, hari Selasa (18/10) malam.

Tiba pukul 20.15 WITA, Presiden didampingi Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut ,disambut warga yang tengah berada di mal tersebut.

Presiden yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan celana panjang berwarna hitam langsung memasuki mal dan berkeliling. Banyaknya pengunjung mal yang ingin bersalaman dengan Presiden menyebabkan Presiden berjalan dengan perlahan untuk menyapa dan memenuhi keinginan masyarakat berfoto bersama.

Saat ditanya para wartawan berbelanja apa saja di mal tersebut, Presiden menjawab, ”Belanja apa? Belanja sepatu karena ada diskonnya.”

Jokowi berkeliling di mal selama satu jam. Dia menjelaskan bahwa kehadirannya di mal untuk melihat perkembangan pariwista di Sulawesi Utara, di mana telah terjadi lonjakan wisatawan mancanegara. “Ada lonjakan turis, utamanya dari Tiongkok, yang masuk ke Manado,” kata Presiden.

Peningkatan wisatawan asal Tiongkok hingga 1.000 persen, karena ada penerbangan langsung dari beberapa kota di Tiongkok menuju Manado yang dapat ditempuh hanya dalam tiga jam.

Menurut Jokowi, meningkatnya jumlah wisman yang datang berkunjung ke Tanah Air seyogyanya berpengaruh positif terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu, dia merasa perlu melihat langsung aktivitas masyarakat kota Manado.

“Malam ini saya datang ke sini untuk melihat itu, dan kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi. Akan kelihatan kalau masuk ke pasar, ke mal seperti ini,” kata Presiden.

Presiden juga menanyakan Gubernur tentang fasilitas yang diperlukan di Sulawesi Utara untuk menunjang sektor pariwisata.

“Beliau menyampaikan masalah ring road 3 (Malalayang-Winangun) siap dibangun dan jalan dari bandara ke kantor walikota. Itu saja,” kata Jokowi.

Presiden menekankan pentingnya infrastruktur untuk mendukung kunjungan wisatawan. Dia meminta pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota bersinergi membangun infrastruktur.

Kalau di sini, kesiapan infrastruktur jalan, bandara, pariwisatanya tidak segera dibantu pemerintah pusat, pemerintah kota bisa kewalahan. Kalau dikerjakan bersama akan lebih baik, kata Jokowi.

Pelayanan di bandara, seperti bea cukai dan imigrasi juga harus berjalan dengan baik untuk menyambut wisatawan mancanegara. “Semuanya kita cek satu per satu,” kata Jokowi. (Setpres)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home