Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:41 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Presiden Jonathan Unggul dalam Hasil Awal Pemilu Nigeria

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry (kiri) bertemu dengan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan di Istana Kepresidenan di Lagos pada 25 Januari 2015. John Kerry mengatakan bahwa pemilu yang damai dan tepat waktu sangat penting di Nigeria, ketika negara tersebut memerangi pemberontakan mematikan Boko Haram. (Foto: AFP)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan partainya, Peoples Democratic Party (PDP), sedikit lebih unggul dari penantangnya, ketika hasil awal pemilihan umum diumumkan, Senin (30/03).

Jonathan dan PDP meraih 2.322.734 suara di atas penantangnya, mantan penguasa militer Muhammadu Buhari dari partai All Progressives Congress (APC) dengan 2.302.978 suara. Selisih 19.756 suara.

Buhari dan APC memenangkan lima negara bagian sementara Jonathan mengamankan tiga negara bagian ditambah Teritorial Ibu Kota Federal Abuja, dengan sembilan yang dimenangkan. Hasil selanjutnya diperkirakan akan diumumkan pada pukul 1900 GMT.

Para kandidat presiden yang menang tidak hanya membutuhkan suara terbanyak tapi sedikitnya 25 persen dukungan di dua pertiga dari 36 negara bagian di Nigeria dan Teritorial Ibu Kota Federal untuk menghindari putaran kedua.

Ketentuan jumlah dukungan tersebut dirancang untuk memastikan sebaran geografis dukungan di seluruh negara, dengan Nigeria yang terbagi berdasarkan agama dan etnis. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home