Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:43 WIB | Sabtu, 15 Februari 2020

Presiden: Saatnya Perhatikan Ekosistem Flora, Fauna, Reboisasi

Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pelepasan secara simbolis elang jawa di Taman nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2). (Foto: setkab.go.id/Humas/Rahmat)

MAGELANG, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sekarang saatnya memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem satwa, flora-fauna, kemudian juga penanaman kembali atau reboisasi di kawasan-kawasan yang sering banjir dan tanah longsor.

“Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero memiliki kemampuan untuk menampung enam pasang elang jawa, tetapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang,” ujar Presiden Jokowi seusai secara simbolis melepas elang jawa di TNGM Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Kalau nanti ada lagi elang jawa yang dilepas, menurut Presiden bukan bicara elangnya saja tetapi menyangkut juga burung-burung yang kecil, yang dipakai untuk makanan elang.

“Tadi saya sampaikan, tanam vetiver, tanam tanaman-tanaman yang juga fungsi hijaunya ada tapi fungsi ekonominya juga ada,” kata Presiden seraya menambahkan akan terus mendorong hal itu.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mendengarkan laporan pengelolan Volcano Science Techno Park, Sistem Pengendalian Banjir Lahar Gunung Merapi, dan sejarah tentang Gunung Merapi.

Turut hadir dalam agenda itu Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X. (setkab.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home