Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 12:51 WIB | Kamis, 19 Maret 2020

Presiden: Wisma Atlet dan Hotel BUMN Dapat Digunakan Tangani COVID-19

Seorang warga beraktivitas dengan latar belakang Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/3/2020). (Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden RI Joko Widodo mengatakan Wisma Atlet di Kemayoran dan hotel milik BUMN dapat dimanfaatkan manakala diperlukan dalam penanganan pandemi virus corona baru atau COVID-19.

Presiden menyampaikan hal itu dalam arahan Rapat Terbatas Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19, melalui video conference, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3).

“Siapkan contigency plan layanan rumah sakit, baik rumah sakit rujukan, atau mobilisasi rumah sakit lain, baik BUMN, TNI/Polri, swasta, atau rumah sakit darurat, apabila diperlukan. Apabila diperlukan bisa manfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran dan hotel BUMN,” kata Presiden, di Jakarta, Kamis.

Presiden mengatakan kapasitas Wisma Atlet di Kemayoran cukup besar karena dapat menampung sekitar 15.000 orang.

Menurut Presiden, contigency play atau panduan rencana atas kejadian tidak terduga dalam penanganan COVID-19 ini juga harus disiapkan di daerah, termasuk juga mengenai percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Meskipun demikian Presiden menekankan prioritas utama yang kini dilakukan adalah mencegah perluasan penyebaran COVID-19.

Sebab itu, kata Presiden, penting untuk dilakukan yaitu mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain.

“Kita terus menggencarkan sosialiasi untuk menjaga jarak, social distancing, dan mengurangi kerumunan yang membawa risiko penyebaran. Ketiga hal ini penting dan terus kita ulangi, mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain, menjaga jarak, mengurangi kerumunan yang membawa risiko,” Presiden menegaskan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home