Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:26 WIB | Sabtu, 11 April 2015

Presiden Zimbabwe Lontarkan Pernyataan Rasis di Depan Wartawan

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe melontarkan pernyataan rasis ketika menghindari wartawan di The Hector Pieterson Museum. Museum tersebut merupakan bukti penghormatan kepada sekitar 200 pelajar kulit hitam yang dibunuh oleh polisi kulit putih saat melakukan demonstrasi pada Juni 1976. (Foto: thetimes.co.uk)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM – Presiden Zimbabwe Robert Mugabe berjalan menjauh dari sekelompok wartawan di Afrika Selatan sembari melontarkan komentar, “Saya tidak ingin melihat orang kulit putih,” berdasarkan rekaman televisi yang ditunjukkan pada Jumat (10/4).

Mugabe sedang mengunjungi Soweto, pusat perjuangan anti-apartheid, pada Kamis di hari terakhir kunjungan kenegaraannya ke Afrika Selatan ketika ia mendekati sekelompok wartawan.

Tapi setelah terlihat menunjukkan raut wajah yang tidak ramah, ia tiba-tiba berbalik dengan melontarkan komentar kasar: “Saya tidak ingin melihat orang kulit putih.”

Komentar Mugabe tertangkap kamera South African Broadcasting Corporation (SABC) saat ia meninggalkan museum peringatan pemberontakan mahasiswa pada 1976 di Soweto.

The Hector Pieterson Museum memberikan penghormatan kepada sekitar 200 pelajar kulit hitam yang dibunuh oleh polisi kulit putih saat melakukan demonstrasi pada Juni 1976.

Mugabe (91) sering melontarkan kecaman terhadap negara-negara Barat dan negara-negara bekas penjajah.

Dia memanfaatkan konferensi pers dengan Presiden Jacob Zuma Rabu (8/4) lalu untuk menyerang Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat, dan Inggris.

Kunjungan selama dua hari yang dilakukan Mugabe tersebut adalah kali pertamanya ia ke Afrika Selatan dalam lebih dari dua dekade.(AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home