Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:23 WIB | Senin, 17 Agustus 2015

Properti Indiana Jones Refleksi Pencarian Relikui

Cawan Suci versi Indiana Jones yang dipamerkan di National Geographic Museum.

SATUHARAPAN.COM – Pameran “Indiana Jones dan Petualangan Arkeologi,” di National Geographic Museum sampai 3 Januari menampilkan 100-an properti film yang dibuat berdasarkan temuan arkeologis yang nyata.

Ada Tabut Perjanjian terbuat dari emas dari film Raiders of the Lost Ark—model untuk wadah yang menampung Sepuluh Perintah Allah, lengkap dengan dua kerub bersayap seperti yang dijelaskan dalam Perjanjian Lama.

Ada cangkir mewakili Cawan Suci yang dipercaya tempat anggur di Perjamuan Terakhir Yesus Kristus dan murid-murid-Nya dari Indiana Jones and Last Crusade.

Dan ada batu Sankara yang lonjong, tembus pandang dari Indiana Jones and Temple of Doom, artefak berdasarkan simbol dari dewa Siwa.

Apa itu benda-benda tentang Indiana Jones? Apakah, lebih luas lagi, pencarian relikui memerangkap imajinasi orang?

Kurator pameran Fredrik Hiebert mengatakan mahasiswa arkeologi menyukai film-film itu ketika ia digunakan untuk mengajar di University of Pennsylvania. Jadi, ketika George Lucas, pencipta film seri ini menawari National Geographic membuat pameran tentang Indiana, Hiebert “hanya perlu 20 detik untuk mengatakan ya” untuk proposal ini.

   Baca juga:

“Saya suka fakta bahwa George Lucas bisa menghibur, membuat Anda tertawa dan membuat Anda berpikir secara mendalam tentang Tuhan, akhirat dan masa lalu pada saat yang sama,” kata Hiebert.

Dan itu justru daya tarik Indiana Jones, menurut Peter Manseau, doktor religi dari Georgetown University.

“Ini bukan hanya arkeologi, melainkan juga arkeologi dari hal suci, ide bahwa dahulu kala manusia memiliki kemampuan untuk terhubung dengan sesuatu yang sakral,” kata Manseau.

Artefak suci juga membangkitkan orang karena artefak itu menguatkan legitimasi cerita agama, Manseau mencatat. Seperti agama adalah masalah iman, kata dia, artefak ini petualangan arkeologi pada tingkat tertentu adalah pencarian bukti kebenaran agama. Karena, artefak suci membuat agama “secara fisik sulit untuk diabaikan”.

Manseau sering melihat relikui, khususnya jasad orang-orang kudus, dalam proses penulisan bukunya, Rag dan Bone. Dia ingat dampak melihat jari Yohanes Pembaptis di Florence, Italia, yang disajikan secara berseni dalam wadah kaca dan emas.

“Itu jelas jari manusia, kehidupan manusia yang nyata, dan yang memberikan cerita yang terkait dengan semua kekuasaan,” katanya. “Benda-benda ini telah menjadi wadah pengabdian selama berabad-abad dan juga memberi signifikansi mereka sendiri.”

Indiana Jones film sendiri mengautentikasi cerita agama dengan cara yang tidak biasa untuk Hollywood, kata Manseau. Misalnya, dalam Raiders of the Lost Ark, ketika Tabut Perjanjian dibuka, api menerpa Jones, membenarkan bahwa ada kekuatan supernatural di tabut itu.

Tabut Perjanjian properti film Indiana Jones.

Tapi film juga mengkritik ide-ide keagamaan tertentu, kata Manseau. Dalam The Last Crusade, Jones menemukan bahwa Holy Grail adalah cawan tanpa hiasan sederhana yang mungkin dipakai Yesus untuk minum selama Perjamuan Terakhir atau mungkin Penyaliban, sebagai lawan dari piala emas berhiaskan berlian. Hal ini bisa dibilang merupakan dukungan bersahaja dari kekristenan yang sederhana dan tidak mewah.

Hari ini, Manseau melihat hubungan antara arkeologi Jones yang sakral dan profesinya sendiri sebagai penulis agama.

Keinginan luar biasa masyarakat tentang pencarian untuk artefak religius mungkin tidak seperti mencari cerita agama. “Anda menggali ke dalam kehidupan masyarakat,” katanya. “Anda menggali pengalaman mereka, mencari saat-saat yang paling suci bagi mereka.”

Sementara itu, pencarian kehidupan nyata untuk artefak religius yang sedang berlangsung. National Geographic saat ini sedang mempelajari kuil tertua di dunia, Gobekli Tepe di Turki, kata Hiebert.

“Ini membuat saya merinding,” katanya. “Saya berpikir tempat ini bisa menjadi lokasi berikutnya untuk sebuah film Indiana Jones.” (huffingtonpost.com)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home