Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:33 WIB | Sabtu, 29 April 2017

Psikolog: Belanja Buku Kembangkan Minat Baca Anak

Pengunjung memadati pameran buku di Indonesia Convention Centre (ICE), Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (20/4). Pameran buku terbesar se Asia Tenggara The Big Bad Wolf Book Sale ini menghadirkan lima juta buku dari dalam dan luar negeri yang dijual mulai dari Rp. 5ribu hingga satu jutaan rupiah dan buka selama 24 jam hingga 2 Mei 2017. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Psikolog anak dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jane Cindy MPSi mengatakan mengisi liburan dengan berbelanja di toko buku dapat mengembangkan minat baca terhadap anak.

"Sebaiknya, selama melakukan kegiatan berbelanja di toko buku, orang tua membebaskan anak memilih satu buku cerita anak," kata Jane dihubungi di Jakarta, Jumat (28/4).

Setelah membeli buku, sebaiknya orang tua mendorong anak untuk membaca buku tersebut sampai selesai. Orang tua dapat melakukan kegiatan membaca buku bersama-sama dengan anak, atau anak membaca sendiri bila sudah lancar membaca.

Setelah anak selesai membaca satu buku, orang tua dapat melakukan diskusi singkat mengenai isi buku sehingga terjadi interaksi antara anak dengan orang tua.

Jane mengatakan orang tua dapat mengembangkan minat baca pada anak sejak anak berusia satu hingga tiga tahun. Menurut teori perkembangan anak, terdapat tahapan perkembangan kemampuan baca tulis.

"Stimulasi yang tepat perlu diberikan sesuai dengan tahapan perkembangan usia anak," ujarnya.

Saat anak berusia di bawah tiga tahun, orang tua sebaiknya membacakan buku cerita anak dengan volume dan intonasi suara yang jelas dan sesuai dengan kalimat yang dibacakan.

Usia tiga hingga enam tahun, anak perlu diberi stimulasi dengan mengenalkan huruf dan angka, serta bunyi dari huruf-huruf tersebut. Pada tahap ini, anak sebaiknya juga diperkenalkan dengan alat tulis untuk mencorat-coret dan menggambar.

Anak sebaiknya mulai diberi stimulasi untuk membaca dan menulis pada usia enam tahun ke atas dengan mempertimbangkan kesiapan anak.

"Salah satu tanda kesiapan anak untuk membaca adalah tertarik terhadap buku, senang mendengarkan cerita yang dibacakan dari buku dan sudah menguasai pengenalan abjad berupa menghubungkan bentuh dan bunyi huruf," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home