Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:54 WIB | Kamis, 05 Maret 2020

PT KAI Operasikan Rail Clinic untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19

Rail Clinic KAI diberangkatkan dari Stasiun Semarang Poncol, Kamis, sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dan fasilitas perkeretaapian. (Foto: Antara/I.C.Senjaya)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM – PT KAI mengoperasikan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic, sebagai tindak lanjut dari upaya antisipasi penyebaran COVID-19 di area stasiun maupun fasilitas perkerataapian.

Pengoperasian Rail Clinic ditandai dengan pelepasan oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Semarang Poncol, Kamis (5/3).

Menurut Edi, Rail Clinic akan beroperasi bersama Kereta Inspeksi untuk memberikan pelayanan pencegahan virus corona.

Kedua kereta itu, lanjut dia, akan beroperasi di jalur lintas utara maupun selatan Pulau Jawa mulai 5 hingga 9 Maret 2020.

Selain bisa dijadikan rujukan bagi penumpang KA yang membutuhkan layanan kesehatan, kata dia, petugas Rail Clinic juga akan penyuluhan kesehatan tentang bahaya corona, membagikan pamflet serta masker.

Edi memastikan kebersihan seluruh fasilitas perkeretaapian, termasuk gerbong kereta yang secara rutin disterilkan dengan menggunakan cairan kimia.

"Bantal kereta juga kami jamin kebersihannya. Kami ganti tiap ada pergantian penumpang," katanya.

PT KAI juga menempatkan hand zanitizer di sejumlah titik di stasiun maupun gerbong kereta.

Ia menyebut, terdapat 89 pos kesehatan yang tersebar di berbagai stasiun di Pulau Jawa dan Sumatera yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada penumpang.

Ia mempersilakan penumpang KA yang merasa kurang sehat, untuk melapor kepada petugas ataupun kondektur KA agar segera memperoleh layanan kesehatan. (Ant)

 

 

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home