Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 20:37 WIB | Selasa, 21 April 2015

Puan: Kaum Perempuan Indonesia Harus Lebih Maju

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat memberi kata sambutan di depan para staf serta pegawai Kementerian sebagai tanda perkenalan. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani  mengatakan bahwa kaum perempuan Indonesia harus meningkat lebih maju.

"Kita teringat gagasan Kartini, perempuan Indonesia harus maju, mengembangkan ide kreatif, menyejahterakan keluarga, memberdayakan sesama perempuan," kata Puan dalam sambutan diperingatan Hari Kartini dan gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (21/4).

Puan mengatakan selama ini kaum perempuan sering diperlakukan eksploitatif. Salah satu penyebab akibat menguatnya budaya patriarki.

Intinya yang harus terjadi di Indonesia adalah kesetaraan dan keadilan gender. Bukan siapa yang mendominasi dan didominasi melainkan mencari koridor untuk keadilan sesama.

"Bung Karno menggambarkan perempuan dan laki-laki adalah dua sayap seekor burung. Jika sama kuat, burung akan terbang tinggi," kata dia.

Dia pun mengapresiasi Kabinet Kerja periode 2014-2019 dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, lantaran cukup mengakomodasi kaum perempuan untuk menjadi pemimpin.

"Delapan perempuan menduduki jabatan perempuan. Perempuan dituntut mengembangkan kapasitas diri di perkumpulan kaum perempuan. Harus mengembangkan kemampuan berorganisasi," katanya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home