Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:58 WIB | Minggu, 20 Oktober 2019

Queen Latifah akan Dapat Penghargaan dari Harvard

Queen Latifah. (Foto: deadline.com/Broadimage/REX/Shutterstock)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Bitang hip hop Queen Latifah, nama panggung Dana Elaine Owens, dikabarkan akan mendapat penghargaan dari Universitas Harvard, berkat sumbangsihnya bagi sejarah dan budaya warga kulit hitam Amerika.

Ia adalah satu dari tujuh orang yang bakal menerima penerima penghargaan Medali WEB Du Bois dari Hutchins Center for African and African American Research di Universitas Harvard. Acara penyerahan penghargaan tertinggi yang diberikan Harvard dalam bidang kajian Afrika dan warga Amerika keturunan Afrika itu akan berlangsung pada 22 Oktober mendatang, seperti diiberitakan VOA Indonesia.

Nama medali penghargaan itu diambil dari nama William Edward Burghardt (WEB) Du Bois. Dialah mahasiswa kulit hitam pertama untuk jenjang S-3 di Harvard pada tahun 1895. Selain cendekiawan, penulis dan editor, Du Bois juga tokoh gerakan hak-hak sipil dan membantu mendirikan Asosiasi Nasional bagi Kemajuan Warga Kulit Berwarna.

Queen Latifah, yang juga dikenal sebagai aktris, penulis lagu dan produser, bukanlah bintang hip hop pertama yang mendapat penghargaan tersebut. Dua tahun silam, LL Cool J menerima penghargaan serupa, setelah Nas mendapatkan penghargaan itu pada tahun 2015. Pemimpin Harvard bahkan memberikan fellowship yang menyandang nama Nas, yakni Nasir Jones Hip Hop Fellowship.

Sutradara Ava Duvernay serta komedian Dave Chappelle juga termasuk mereka yang pernah menerima Medali WEB Du Bois. 

Bagi penggemar hiburan di Indonesia, Queen Latifah sangat dikenal sebagai pengisi suara karakter Ellie dalam serial film Ice Age. Film terbaru yang ia bintangi adalah Girls Trip (2017). 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home