Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 08:42 WIB | Minggu, 06 September 2015

Ratusan Pengungsi Timur Tengah di Jerman Masuk Kristen

Pencari suaka dari Iran, Aref Movasaq Rodsari berdiri di Gereja the Trinity Church di Berlin, Jerman, (13/8). (Foto: AP/Gero Breloer)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Diduga demi memperlancar permohonan suaka, ratusan pengungsi dari Timur Tengah dibaptis di gereja Berlin. Mereka mengaku mendapat pencerahan iman. Gereja—yang kekurangan jemaat—dengan senang hati menerima mereka apa pun motivasinya.

M. Ali Zonoobi membungkuk kepalanya saat imam menuangkan air suci ke rambut hitamnya. “Maukah Anda melepaskan diri dari setan dan perbuatan jahatnya?” Pendeta Gottfried Martens bertanya pada pengungsi Iran itu. “Maukah Anda melepaskan diri dari agama Anda yang lama?”

“Ya,” Zonoobi sungguh-sungguh menjawab. Menengadahkan tangannya meminta berkat, Martens kemudian membaptisnya, “dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus.”

Dengan nama baptis Martin, Ali Zonoobi sekarang adalah pengikut Yesus Kristus.

Zonoobi, seorang tukang kayu dari kota Iran Shiraz, tiba di Jerman dengan istri dan dua anak lima bulan lalu. Dia adalah salah satu dari ratusan pencari suaka kebanyakan Iran dan Afghanistan yang telah menjadi Kristen di Gereja Injili Trinity di lingkungan Berlin.

Seperti Zonoobi, sebagian besar mengatakan iman baru merekalah yang benar. Tapi, tidak ada yang menyangkal fakta bahwa keputusan untuk memeluk agama Kristen akan juga sangat meningkatkan kesempatan mereka untuk memenangkan suaka. Sebab, mereka mengklaim akan menghadapi penganiayaan jika dikirim pulang sebab mereka menjadi Kristen.

Martens mengakui bahwa beberapa berpindah keyakinan untuk meningkatkan peluang mereka tinggal di Jerman—tetapi bagi sang pastor, motivasi itu tidak penting. Banyak orang, kata dia, begitu memperoleh pesan Kristen, terjadi perubahan dalam kehidupan mereka. Dan, dia memperkirakan hanya sekitar 10 persen dari para orang Kristen baru ini tidak kembali ke gereja setelah pembaptisan.

“Saya tahu ada orang datang ke sini karena mereka memiliki semacam harapan mengenai suaka mereka,” kata Martens. “Saya mengundang mereka untuk bergabung dengan kami karena saya tahu bahwa siapa pun yang datang ke sini tidak akan dibiarkan tidak berubah.”

Menjadi Kristen saja tidak membantu pemohon, dan Kanselir Angela Merkel pekan ini menegaskan kembali bahwa Islam “menjadi bagian dari Jerman.” Tapi di Afghanistan dan Iran, misalnya, seorang Muslim yang pindah ke Kristen bisa dihukum mati atau dipenjara, dan oleh karena itu tidak mungkin Jerman akan mendeportasi pengungsi Iran dan Afghanistan—yang sudah menjadi Kristen.

Pencari suaka Iran menyanyikan lagu Kristen di Gereja Trinity di Berlin, Jerman, 13 Agustus 2015. (Foto: AP / Gero Breloer)

Tidak ada yang secara terbuka akan mengakui mereka melakukan konversi akan membantu peluang suaka mereka. Sebab, itu pun dapat mengakibatkan penolakan tawaran suaka mereka dan harus menghadapi deportasi sebagai orang Kristen baru. Beberapa calon baptisan di gereja Martens tidak menyebut nama-nama mereka karena takut dampak bagi keluarga mereka kembali ke rumah.

Sebagian mengatakan keputusan mereka didasarkan pada keyakinan, tapi satu perempuan muda Iran yang menolak menyebut namanya mengatakan dia yakin kebanyakan orang telah bergabung gereja hanya untuk meningkatkan peluang mereka untuk suaka.

Salah satu anggota jemaat Gereja Trinity, Vesam Heydari awalnya memohon suaka di Norwegia dan dikonversi di sana pada tahun 2009. Tapi kasusnya ditolak karena pemerintah Norwegia tidak percaya ia akan dianiaya sebagai orang Kristen di Iran, sehingga ia pindah ke Jerman untuk mencari status pengungsi di sini—dan ia kini sedang menunggu keputusan.

Dia mengkritik banyak anggota gereja Iran lainnya. Dia mengatakan mereka sedang membuat lebih sulit bagi “orang Kristen sejati yang teraniaya “ seperti dirinya untuk mendapatkan persetujuan suaka. “Mayoritas rakyat Iran sini tidak memeluk Kristen karena keyakinan,” kata Heydari. “Mereka hanya ingin tinggal di Jerman.”

Sementara itu, saat gereja-gereja lain di seluruh Jerman berjuang dengan berkurangnya jumlah orang percaya, Martens telah melihat membengkak jemaatnya dari 150 menjadi lebih dari 600 umat hanya dalam waktu dua tahun. Dan, tampaknya pengungsi baru tak putus menemukan cara menuju jemaat Trinity ini.

Beberapa datang dari kota jauh seperti Rostock di Laut Baltik, setelah mendengar berita dari mulut ke mulut bahwa Martens tidak hanya membaptis jemaat baru setelah tiga bulan “kursus kilat” dalam agama Kristen, tetapi juga membantu mereka dengan permohonan suaka.

Komunitas Kristen lainnya di seluruh Jerman, di antaranya gereja Lutheran di Hannover dan Rhineland, juga telah melaporkan meningkatnya jumlah warga Iran yang mengkonversikan diri ke Kristen. Tidak ada jumlah pasti berapa banyak para imigran yang dikonversi di Jerman dalam beberapa tahun terakhir—dan mereka adalah minoritas kecil dibandingkan dengan keseluruhan empat juta Muslim di negara itu.

Tapi setidaknya untuk Berlin, Martens menggambarkan jumlah orang Kristen baru ini tidak lain adalah sebuah “mukjizat”. Dan, dia bilang dia memiliki setidaknya 80 orang—sebagian besar pengungsi dari Iran dan beberapa warga Afghanistan—menunggu untuk dibaptis.

Jerman sedang menyaksikan lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pencari suaka tahun ini, dengan jumlah migran diperkirakan akan mencapai 800.000 tahun ini, meningkat empat kali lipat pada tahun lalu.

Pastor Gottfried Martens berdoa dengan orang-orang dari Iran selama layanan baptisan di Gereja Trinity di Berlin, 30 Agustus 2015. (Foto: AP / Markus Schreiber)

Banyak pendatang baru datang dari negara-negara mayoritas Muslim seperti Suriah, Irak, Afghanistan, atau Pakistan. Jika pengungsi berasal dari perang saudara di Suriah hampir pasti menerima status suaka. Namun, situasinya lebih rumit bagi para pencari suaka dari Iran atau Afghanistan, yang dianggap lebih stabil.

   Baca juga:

Dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 40-50 persen dari kedua negara telah diizinkan untuk tinggal di negara itu, dengan banyak dari mereka hanya mendapatkan izin tinggal sementara.

Kantor federal Jerman untuk urusan migrasi dan pengungsi mengatakan tidak mau mengomentari alasan yang diberikan pemohon individu ketika mereka mengajukan permohonan suaka, atau berapa banyak orang menerima status pengungsi di Jerman berdasarkan penganiayaan agama.

Zonoobi, yang berpakaian serba putih pada pembaptisan di hari Minggu (29/8), mengatakan ia telah menghadiri ibadah Kristen secara rahasia di Iran sejak teman memperkenalkannya kepada Alkitab pada usia 18. Dia memutuskan untuk melarikan diri ke Jerman setelah beberapa teman Kristen ditangkap karena mempraktikkan agama mereka .

Untuk Zonoobi dan istrinya Afsaneh—yang sejak ia dibaptis mendapat nama Katarina—pembaptisan menandai awal baru.

“Sekarang kami bebas dan dapat menjadi diri kita sendiri,” katanya. “Yang paling penting, saya sangat senang bahwa anak-anak kami akan memiliki masa depan yang baik di sini dan bisa mendapatkan pendidikan yang baik di Jerman.” (Timesofisrael.com)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home