Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 22:19 WIB | Minggu, 01 Februari 2015

Ratusan Ribu Pendukung Partai Kiri Spanyol Turun ke Jalan

Ratusan ribu pendukung partai kiri Podemos turun ke jalan memprotes korupsi politik dan uang pemerintah. Foto: Getty Images

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Ratusan ribu orang turun ke jalan di Madrid hari ini dalam sebuah pamer kekuatan partai kiri radikal yang masih muda, bernama Podemos. Peristiwa ini menjadi penanda sebuah organisasi politik terbaru di Eropa yang memperoleh dukunga luas sebagai protes terhadap kebijakan penghematan.

Pendukung Podemos, yang berarti Kita Bisa, berkumpul dari  seluruh Spanyol  di sekitar air mancur Cibeles  sebelum berjalan menuju Puerta del Sol Square dalam  reli partai terbesar partai, yang pernah terjadi  sampai saat ini. Mereka berharap dapat meniru keberhasilan partai Syriza Yunani dalam Pemilu Spanyol akhir tahun ini.

Daily Mail melaporkan, Podemos bertujuan untuk menghancurkan sistem politik yang didominasi dua partai di negara itu. Mereka berkumpul  di tempat yang sama dengan aksi duduk memprotes korupsi politik pada tahun 2011, yang menjadi fundasi dari partai ini.

Penyiar Televisi pemerintah TVE mengatakan bahwa ratusan ribu ikut dalam pawai, tetapi tidak ada angka kehadiran resmi disediakan.

Bangkitnya partai ini sangat dipicu oleh  karisma pemimpinmya, Pablo Iglesias, seorang profesor ilmu politik berusia 36 tahun.

Berasal dari lingkungan kelas pekerja di Vallecas, Iglesias lebih suka berpakaian  jins dan menyingsingkan lengan baju kemeja daripada  jas dan dasi. Ia mengobarkan slogan  protes, diantaranya berbunyi, "Spanyol dijalankan oleh kaki tangan orng kaya," dan bahwa ekonomi hrus melayani rakyat.

 "Kita ingin berubah," kata Iglesias kepada kerumunan. "Ini adalah tahun perubahan dan kita akan memenangkan pemilu."

Menanggapi aksi ini, berbicara pada pertemuan di Barcelona, Perdana Menteri Mariano Rajoy mengatakan dia tidak menerima gambaran suram dari Spanyol seperti yang disebarkan Podemos.

"Mereka sekelompok yang menyedihkan, yang pergi kemana-mana mengatakan  betapa buruknya keadaan," katanya, dan  itu. kata dia, tidak akan memberi  mereka kesempatan untuk memenangkan pemilu. "Mereka tidak akan berhasil."

Anggota senior Podemos Rita Maestre mengatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk menunjukkan bahwa partai adalah alat untuk perubahan.

Dalam setahun, Podemos telah melesat dari sebuah mimpi sejumlah profesor universitas dan aktivis menjadi partai politik.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home