Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:15 WIB | Kamis, 27 November 2014

Rem Beku, Penumpang Dorong Pesawat

Penumpang maskapai penerbangan Katekavia dari Igarka tujuan Siberia mendorong pesawat saat bantalan rem membeku. (Foto: bbc.com)

IGARKA, SATUHARAPAN.COM – Penumpang maskapai penerbangan Katekavia dari Igarka tujuan Siberia terpaksa keluar dan mendorong pesawat setelah bantalan rem membeku.

Menurut kantor berita RIA Novosti pada Rabu (26/11), pesawat tiba-tiba tidak dapat bergerak saat berusaha lepas landas karena suhu turun ke -52 derajat celsius.

Penumpang maskapai tersebut, yang sebagian besar pekerja shift, menawarkan bantuan untuk mendorong pesawat karena takut perjalanan mereka tertunda.

Katekavia kemudian lepas landas dan berhasil mendarat dengan selamat di Kota Krasnoyarsk. "Menurut laporan, suhu udara turun menjadi -52 derajat celsius dan rem di roda pesawat membeku ketika diparkir," kata Oxana Gorbunova, pembantu senior di kantor kejaksaan transportasi Siberia Barat.

Penumpang memutuskan untuk membantu memberikan dorongan yang sebenarnya tidak diizinkan karena dapat merusak kulit pesawat.

Untuk itu, petugas kini tengah memeriksa apakah pihak bandara, awak, atau penumpang yang akan terkena hukum keselamatan udara.

Bandara Igarka adalah pusat maskapai penerbangan regional yang digunakan oleh 100.000 penumpang per tahun. Mayoritas penumpang  bekerja di ladang minyak dan gas Arktik Rusia.

Sementara itu, Igarka terletak 100 mil (160 km) dari utara Lingkaran Arktik. Suhu dingin hingga -52 C memang biasa terjadi, bahkan biasanya lebih dingin. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home