Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:30 WIB | Rabu, 17 Mei 2017

Remaja di AS Meninggal Akibat Overdosis Kafein

Ilustrasi. minuman berkafein (Foto: antara/maxpixel.freegreatpicture.com)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM – Davis Allen Cripe  seorang remaja, meninggal  setelah minum kopi yang dicampur dengan minuman bersoda, hanya dalam waktu kurang dari dua jam, menurut pernyataan Gary Watts County Coroner di Richland . Kopi dan minuman bersoda yang mengandung kafein merupakan kombinasi mematikan bagi remaja di Carolina Selatan, hal ini memicu peringatan tentang risiko overdosis kafein.

Remaja tersebut diduga  terkena serangan aritmia jantung.

Sesungguhnya dia tidak memiliki kondisi sakit  jantung sebelumnya. “Remaja tersebut beratnya 90kg, namun tidak obesitas dan sehat, “ kata Watts.

"Kami tidak mengatakan bahwa itu adalah jumlah total kafein di dalam tubuh, hanya saja minuman itu tertelan dalam jangka waktu yang singkat, dan pada akhirnya mengakibatkan sakit aritmia jantung. " kata Watts yang dilansir situs bbc.com.

American Academy of Pediatri (AAP), telah memperingatkan anak-anak dan remaja yang mengkonsumsi minuman bersoda, dengan mengatakan bahwa ramuan mereka belum diuji pada anak-anak dan "tidak ada yang bisa memastikan mereka aman".

Dikatakan bahwa minuman tersebut, memiliki efek samping termasuk detak jantung tidak teratur dan tekanan darah berubah.

Sebagian besar minuman bersoda mengandung tiga kafein setara dengan tiga cangkir kopi dan sebanyak 14 sendok teh gula, kata AAP.

Davis mungkin telah mengkonsumsi sekitar 472mg kafein, hanya dalam waktu kurang dari dua jam, berdasarkan statistik dari situs web caffeineinformer.com, dikatakan minuman tersebut  adalah latte McDonald's memiliki 142mg kafein, Dew Mountain 90mg, dan minuman bersoda 240 mg.

Pada tahun 2015, Otoritas Keamanan Pangan Eropa mengatakan, bahwa minum lebih dari 400mg dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, tremor, kegelisahan, insomnia dan serangan panik.

Kafein adalah stimulan. Ini bekerja pada sistem saraf pusat tubuh dalam beberapa menit, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kantuk.

Tapi itu juga memiliki efek lain. Hal itu bisa meningkatkan detak jantung, dan menjadi gelisah atau cemas. Setelah minum , dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membersihkannya dari tubuh .

Minum beberapa cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya sehari dianggap sangat aman. Tapi minum terlalu banyak atau banyak dalam waktu singkat sangat berisiko.

Anda bisa overdosis pada kafein,  dan mungkin mati jika Anda terlalu banyak menelannya.

Hingga 400mg kafein sehari, tampaknya aman bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat. Itu kira-kira jumlah kafein dalam empat cangkir kopi yang diseduh, 10 kaleng Coca-Cola atau dua jenis minuman  berenergi. 

Editor : Bayu Probo

Back to Home