Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:19 WIB | Kamis, 02 Maret 2017

RI Bersiap Selenggarakan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, hari Kamis (2/3). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya agar penyelenggaraan Asian Games ke-18 tahun 2018 dan pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Indonesia dapat dipersiapkan dengan baik.

"Di Asian Games, kita akan mengelola kurang lebih yang akan hadir 33.000 atlet. Ini bukan jumlah yang sedikit. Kemudian di IMF-World Bank Annual Meeting itu yang hadir juga kurang lebih 15.000 peserta," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, hari Kamis (2/3).

Kepala Negara meminta jajaran terkait untuk mengontrol persiapan tersebut setidaknya setiap satu bulan. Hal itu untuk memastikan segala hambatan dapat diketahui lebih cepat untuk kemudian dicarikan solusinya.

"Saya kira ini kalau kita tidak persiapkan dengan rinci dan tidak kita kontrol setiap satu bulan, saya takut waktu yang mepet ini akan kejar-kejaran dalam menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan itu," katanya.

Dua keputusan diambil oleh Presiden Joko Widodo dalam kaitan dengan hal tersebut, yaitu, pertama mengenai keketuaan di dua perhelatan internasional itu.

"Yang pertama, kemarin sudah saya putuskan bahwa Asian Games ke-18 ini akan diketuai langsung oleh Pak Wapres (Jusuf Kalla). Kemudian yang untuk annual meeting, kemarin sudah saya putuskan dipegang oleh Pak Luhut," kata Jokowi.

Keputusan kedua ialah mengenai rapat evaluasi yang akan diadakan setiap sebulan sekali untuk memastikan persiapan dapat terlaksana dengan baik. Presiden meminta jajarannya untuk benar-benar memanfaatkan momentum ini.

Menurutnya, inilah saat yang tepat bagi Indonesia untuk membangun citra yang baik di mata dunia internasional.

"Dua perhelatan besar ini betul-betul harus kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara. Baik dalam membangun sebuah persepsi image dan brand negara. Ini juga sekaligus momentum untuk menunjukkan kemampuan kita dalam penyelenggaraan kelas dunia," katanya.

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home