Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 21:07 WIB | Sabtu, 29 April 2017

RI-Filipina Perkuat Konektivitas ASEAN dengan Pelayaran

Presiden Joko Widodo dan Presiden Duterte, hari Jumat (28/4), menyaksikan penandatanganan MoU di bidang pertanian antara Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Pertanian Filipina Emmanuel Pino, serta penandatanganan deklarasi bersama terkait konektivitas antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Secretary of Transportation Filipina Arthur Tugade. (Foto: BPMI Setpres)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Jumat (28/4), melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte di Istana Malacañang.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, melaporkan bahwa pertemuan tersebut berlangsung produktif dan sangat bersahabat.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Duterte menyaksikan  penandatanganan MoU di bidang pertanian antara Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Pertanian Filipina Emmanuel Pino, serta penandatanganan deklarasi bersama terkait konektivitas antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Secretary of Transportation Filipina Arthur Tugade.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa kedua Kepala Negara membahas upaya peningkatan kerja sama dalam berbagai bidang, di antaranya ekonomi dan perdagangan.

Hal ini, kata Retno, dikarenakan Filipina dianggap sebagai mitra strategis Indonesia, yang menggunakan produksi pesawat dan kapal buatan Tanah Air.

"Di sini tampak jelas kemitraan Indonesia dan Filipina yang kokoh di tengah situasi ekonomi dunia yang melesu. Kita masih bisa mencapai kenaikan perdagangan lebih dari 32 persen," kata Retno Marsudi kepada para jurnalis usai pertemuan.

Retno menambahkan jika kedua negara juga membahas tentang perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) antara Indonesia Filipina. Perjanjian tersebut telah memasuki tahap akhir penyelesaian ratifikasi sehingga diharapkan tahun ini landas kontinen dapat segera diselesaikan.

"Ini adalah bukti dari komitmen pemerintah untuk mengintensifkan negosiasi perbatasan maritim. Bukan hal yang mudah, tahun lalu kita ratifikasi dengan Singapura, tahun ini dengan Filipina, dan pada saat yang sama akan diselesaikan dengan pihak Vietnam," kata Retno.

Kemudian kerja sama bidang maritim juga menjadi topik pertemuan bilateral kedua negara. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya menjaga perairan di wilayah kedua negara.

"Masalah trilateral, kedua presiden menekankan pentingnya keamanan maritim di wilayah Indonesia-Filipina," kata Retno.

Selain kunjungan ke Manila, Presiden Joko Widodo juga akan berkunjung ke Davao. Di sana, Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden Duterte akan meresmikan pembukaan rute pelayaran laut Roll-on Roll-off (Ro-Ro) Davao-General Santos-Bitung.

Peresmian ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam memajukan sub kawasan, baik dari aspek konektivitas, perdagangan hingga people to people contact antara Indonesia-Filipina maupun ASEAN.

"Dengan adanya Ro-Ro ini, mendukung pembangunan Indonesia dari Timur dan mendukung ASEAN Connectivity. Karena kita sudah memiliki master plan ASEAN Connectivity," kata Retno.

Namun, faktor keamanan di wilayah perairan tersebut juga penting untuk dibahas kedua negara. Mengingat jalur kapal Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung tidak jauh dengan wilayah perairan Sulu yang rawan, tepatnya berada di sisi sebelah barat jalur Ro-Ro.

"Sebenarnya penting untuk meyakinkan perairan itu aman. Teknis bisa saja dengan pengawalan-pengawalan. Tentu hal itu dengan dukungan dan kita perlu antisipasi dari jauh," kata Retno. (PR)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home