Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 11:19 WIB | Senin, 08 Februari 2016

Ribuan Rumah Banjir, Enam Orang Tertimbun Longsor di Sumbar

ilustrasi, Ribuan Rumah Terendam Banjir ( Foto Dok. Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi hingga saat ini menyebabkan enam orang tertimbun longsor serta ribuan rumah di Provinsi Sumatera Barat terendam banjir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Porwo Nugroho mengatakan, hujan yang terjadi sejak Jumat (5/2) lalu hingga saat ini menyebabkan banjir dan longsor di beberapa daerah di Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten 50 Koto Provinsi Sumatera Barat.

"Banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan terjadi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Pagu, Kecamatan Pauh Duo, dan Kecamatean Sangir. hal tersebut disebabkan meluapnya Sungai Batang Bangko, Sungai Batang Suliti dan Sungai Batang Lolo," katanya melalui pesan singkat yang diterima Satuharapan.com  di Jakarta pada hari Senin (8/2).

Dia juga mengatakan, banjir dan longsor menyebabkan jalan Muaralabuh - Padang Aro Kerinci putus total, selain itu, Longsor menimpa rumah warga sehingga enam  orang tertimbun longsor pada hari Sabtu (6/2) pukul 20.00 Wib saat ini dua orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia sedangkan 4 orang masih yang tertimbun masih dalam proses pencarian.

"Banjir tersebut juga menyebabkan 2.000 unit rumah terendam banjir hingga 1,5 meter dan 100 hektar sawah setinggi 1 meter. Dua jembatan kabupaten putus. Lalu lintas Payakumbuh-Pekanbaru lumpuh total," tambah dia. (PR)

Editor : Eben E. Siadari

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home