Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:09 WIB | Jumat, 27 Maret 2015

Ribuan Warga Terjebak dalam Pertempuran Suriah

Anak-anak korban perang, antere makanan di pengungsian. (Foto: AFP)

SURIAH, SATUHARAPAN.COM – Sekitar 440.000 warga Suriah terjebak di beberapa daerah yang didera pertempuran, lebih dari dua kali lipat jumlahnya dibanding bulan lalu, saat perang mencapai “tingkat kebiadaban yang mencengangkan,” kata kepala bantuan PBB Valerie Amos.

Amos mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa gerilyawan Islamic State (ISIS) mengepung kawasan yang dikontrol pemerintah di Deir Ezzor, Suriah timur laut, seraya menambahkan bahwa 228.000 orang masuk dalam daftar warga sipil yang memerlukan bantuan.

“Mereka tidak bisa meninggalkan kota dan hanya suplai minimal yang dikirimkan oleh pemerintah,” kata Amos kepada dewan yang terdiri dari 15 anggota tersebut, Kamis (26/3).

“Hal ini meningkatkan jumlah total orang yang terkepung di Suriah dari 212.000 menjadi sekitar 440.000 orang.”

Amos mengungkapkan kekhawatiran atas lonjakan pertempuran baru-baru ini setelah gerilyawan Islamis dari Front Al-Nusra meluncurkan serangan untuk merebut kota Idlib.

Ratusan ribu orang kemungkinan mengungsi dan warga sipil kemungkinan terjebak di kota itu jika pertempuran meningkat, menurut peringatan Amos.

Amos menyampaikan penilaiannya saat dirinya bersiap meninggalkan tugasnya pada Mei tahun ini, sementara krisis di Suriah menjadi lebih mengerikan.

“Situasi di Suriah secara dramatis memburuk,” kata Amos. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home