Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 09:25 WIB | Rabu, 15 April 2015

Ringo Starr Tolak Tawaran Menulis Otobiografi

Ringo Starr. (Foto: ultimateclassicrock.com)

SATUHARAPAN.COM - Ringo Starr, anggota grup musik The Beatles yang masih tersisa, mengungkapkan  harus menolak beberapa tawaran untuk menulis otobiografinya karena meyakini penerbit hanya tertarik pada delapan tahun perjalanan hidupnya bersama The Beatles.

The Beatles, grup musik asal Inggris yang dibentuk di Liverpool pada 1960, dikenal sebagai salah satu grup musik paling berpengaruh sepanjang sejarah musik dunia, beranggota Paul McCartney, John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr.   

Starr, mantan drummer The Beatles yang kini berusia 74 tahun itu, mengakui pada banyak kesempatan acap didekati penerbit untuk menceritakan kisahnya dalam sebuah buku. Starr selalu menolak, karena tidak menginginkan buku tebal itu hanya berfokus pada waktunya dengan The Fab Four, julukan The Beatles, dan tidak menganggap penting hidup dan karyanya setelah grup band itu bubar pada 1970.

Ringo mengaku lebih suka menceritakan kisah hidupnya dan berbagi kenangan dengan para penggemarnya tentang lagu-lagunya, dimulai dengan Liverpool 8, karya yang dia luncurkan 2008.

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Billboard, Ringo mengatakan, ''Beberapa penerbit menawarkan kepada saya untuk menulis, tapi saya merasa mereka tidak tertarik pada otobiografi saya. Mereka hanya tertarik pada delapan tahun karier saya bersama The Beatles. Jadi ketika ada alasan untuk menulisnya, saya mulai dengan Liverpool 8. Saya menulis potongan perjalanan kehidupan saya pada setiap album. Masing-masing lagu didedikasikan untuk kenangan masa lalu, peristiwa-peristiwa di masa lalu. Saya melakukannya sebagai pengganti sebuah otobiografi. ''

Ringo merilis album baru, Postcards From Paradise, pada 31 Maret lalu, hasil rekaman bersama anggota grup bandnya All-Starr Band. Seperti dilaporkan contactmusic.com, album itu menampilkan bintang tamu seperti musikus Peter Frampton dan Todd Rundgren.

Album berisi lebih banyak lagu semibiografi, dan pemusik legendaris itu menegaskan isi lagu itu catatan  dari aktivitas “bersekolah”.

Ringo, yang sempat “membuang” waktu 20 tahun hanya untuk minum-minum, peruwjudan dari kemarahan atas bubarnya The Beatles dan kemudian menjalani rehabilitasi pada 1988, mengatakan, “Sampai saat ini saya masih terus bersekolah. Saya masih suka bergaul dengan para musisi dan menulis lagu, bermain dengan mereka dan meluncurkan album. Sejak All-Starr Band dibentuk pada 1989, saya ingin kami duduk bersama, menulis dan merekam lagu. Saya terus mencoba sampai sekarang. Memang selalu ada seseorang yang tidak suka dengan yang lain. Tetapi, dengan satu ini saya beruntung. ''

Selain Liverpool 8, Ringo Starr sudah meluncurkan album It Don’t Come Easy, Photograph, dan You’re Sixteen.  Pada 18 April ini, seperti dilaporkan stuff.co.nz, Ringo Starr masuk dalam jajaran Rock an Roll Hall of Fame di Cleveland, Amerika.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home