Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 10:22 WIB | Jumat, 04 September 2015

Rini Perkirakan Target Laba BUMN 2015 Meleset

Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) dan Menteri ESDM Sudirman Said saat konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/6). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri BUMN, Rini Soemarno, memperkirakan target laba 119 perusahaan negara pada tahun buku 2015 sebesar Rp 165,405 triliun bakal meleset akibat pelemahan nilai tukar rupiah dan penurunan harga minyak dunia.

"Laba BUMN tahun ini (2015) bisa meleset dari target. Kinerja keuangan BUMN sangat dipengaruhi kondisi perekonomian saat ini," kata Rini usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta, hari Kamis (3/9).

Menurut dia, beberapa faktor pemicu tidak tercapainya target laba perusahaan "pelat merah" tersebut meliputi adanya pinjaman dalam bentuk mata uang dolar AS di sejumlah perusahaan.

"Jika perusahaan-perusahaan itu tidak melakukan `hedging` (lindung nilai),  otomatis akan menyebabkan kerugian yang lebih tinggi," kata Rini.

Selain pengaruh pelemahan nilai tukar rupiah, ada juga korporasi seperti PT Pertamina (Persero) yang mengalami penurunan laba akibat turunnya harga minyak dunia.

"Pendapatan Pertamina diperkirakan bisa menurun, selain ada perusahaan memiliki pinjaman dalam bentuk dolar juga harga minyak sedang mengalami tren penurunan," katanya.

Sementara itu, dalam Nota Keuangan RAPBN 2016, pemerintah menetapkan target laba BUMN sebesar Rp 143,91 triliun.

Selain itu, BUMN juga ditargetkan memiliki aset Rp 4.940 triliun serta kontribusi terhadap penerimaan negara yang terdiri dari dividen dan pajak sebesar Rp 507,25 triliun.

Dividen atau pendapatan negara yang diambil dari laba BUMN ditargetkan mencapai Rp 31,16 triliun atau 15,7 persen lebih rendah dibandingkan dengan target pada APBN Perubahan 2015 sebesar Rp 36,957 triliun.

Dividen sebesar Rp 31,16 triliun tersebut berasal dari BUMN perbankan sebesar Rp 6,9 triliun dan laba BUMN non-perbankan sebesar Rp 24,21 triliun. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home