Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:08 WIB | Jumat, 04 Oktober 2019

Roda Pemintal Raksasa untuk 150 Tahun Mahatma Gandhi

Alat pemintal raksasa didirikan di India untuk memperingati 150 Mahatma Gandhi. (Foto: dri NDTV)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - India membuat roda pemintal saksasa, simbol penting dari perjuangan kmerdekaan dan tanpa kekerasan, untuk mempringati 150 tahun Bapak Bangsa, Mahatma Gandhi.

Sementara itu, Perdana Menteri India, Narendra Modi, memberi penghormatan kepada "bapak bangsa" Mahatma Gandhi pada peringatan 150 tahun kelahirannya di New Delhi, hari Rabu (2/10), seperti diberitakan Times of India. Modi juga mengeluarkan mata uang baru untuk menandai penghormatan itu.

India merayakan 2 Oktober bukan hanya sebagai hari ulang tahun Gandhi, tetapi juga sebagai Hari Internasional Anti-Kekerasan, cita-cita yang diperjuangkan Gandhi sepanjang hidupnya.

Gandhi, yang lahir pada tahun 1869. Dia memainkan peran penting dalam perjuangan India untuk mencapai kemerdekaan. Dia dibunuh oleh seorang radikal Hindu pada 30 Januari 1948, hanya beberapa bulan setelah dia memimpin India menuju kemerdekaan dari kekuasaan Inggris melalui perjuangan tanpa kekerasan.

India merayakan hari itu dengan kegiatan kebersihan, pemutaran film, dan membuat roda pemintal raksasa yang terbuat dari sampah plastik. "Seluruh dunia merayakan ulang tahun kelahiran Gandhi," kata Modi.

Modi sering mengutip Gandhi dalam pidatonya, mengatakan ide-ide dan filosofinya sama relevannya dengan masalah hari ini dengan semasa hidupnya.

Di pinggiran ibukota New Delhi, pejabat pemerintah mendirikan roda pemintalan 1.650 kg, simbol penting perjuangan yang terkait dengan Gandhi, yang seluruhnya terbuat dari sampah plastik. Gandhi menggunakan roda pemintal untuk membuat pakaiannya sendiri sebagai gerakan kemandirian dan kemandirian India.

Para pejabat mengatakan kepada media lokal bahwa roda itu merupakan simbol komitmen rezim Modi untuk menjauh dari penggunaan plastik sekali pakai.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home