Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:03 WIB | Minggu, 08 November 2015

RRT-India Mantapkan Hubungan Diplomatik

Wakil Presiden RRT Li Yuanchao (kiri) saat bertemu dengan PM India, Narendra Modi (kanan) Yuanchao ke New Delhi, hari Jumat (6/11) dalam rangka memantapkan hubungan diplomatik (Foto: xinhuanet.com).

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan India memantapkan hubungan diplomatik yang ditandai dengan kunjungan Wakil Presiden RRT Li Yuanchao ke New Delhi, hari Jumat (6/11). Yuanchao menyebut bahwa India merupakan bagian penting dari lingkungan diplomasi Tiongkok.

“India merupakan bagian terpenting dari Tiongkok, dan Tiongkok bersedia untuk bekerja sama dengan India untuk memperkuat dialog politik, menghubungkan strategi pembangunan masing-masing, meningkatkan  pertukaran perdagangan,” kata Yuanchao beberapa saat setelah melakukan kunjungan ke tempat kerja Perdana Menteri India, Narendra Modi, di New Delhi.

Yuanchao mengatakan Tiongkok ingin bekerja dalam kerangka multilateral dan mengelola perselisihan dengan mekanisme pengendalian.

“Dengan mekanisme pengendalian konflik sosial maka akan membantu kedua negara memperketat kemitraan  dalam pembangunan, bekerja sebagai dua mesin pertumbuhan ekonomi global,” kata Yuanchao.

“Selain itu kami tetap bekerja sama sebagai mitra global dalam kerja sama strategis untuk mewujudkan pembangunan yang damai, kooperatif dan inklusif,” kata Yuanchao.

Yuanchao mengapresiasi PM Narendra Modi karena prestasi India yang berhasil mencetak perkembangan pada  pembangunan nasional dan ekonomi.

Dia mengatakan setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri India saling melakukan  kunjungan resmi ke negara masing-masing, kedua belah pihak telah sepakat untuk memperdalam isi dari kemitraan strategis kerja sama antara kedua belah pihak dalam upaya untuk mendorong hubungan bilateral ke tahap implementasi.

Modi mengatakan jika India dan Tiongkok dapat mewarisi persahabatan tradisional dan memperkuat kerjasama, mereka tidak hanya akan meningkatkan kebahagiaan rakyat negara masing-masing, tetapi juga berkontribusi pada kebangkitan Asia dan negara-negara berkembang dan membantu membawa pertumbuhan ekonomi dunia. (xinhuanet.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home