Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:18 WIB | Jumat, 22 Agustus 2014

RS Kristen Gaza Berjuang Terus Beroperasi di Tengah Konflik

Rumah Sakit di Gaza yang dikelola sinode Gereja Episkopal Yerusalem, Al-Ahli. (Foto: embraceme.org)

GAZA, SATUHARAPAN.COM – Episcopal Relief & Development menegaskan kembali dukungannya terhadap Rumah Sakit Al-Ahli Arab di Gaza—bagian dari lembaga Keuskupan Episkopal Yerusalem, karena menanggapi kebutuhan kemanusiaan penting selama konflik saat ini.

Dukungan organisasi telah memungkinkan satu-satunya rumah sakit Kristen ini  mendapatkan bahan bakar untuk menjalankan generator, yang sangat penting karena sering dan berkepanjangannya pemadaman listrik, dan untuk menyediakan paket makanan kepada anggota masyarakat yang membutuhkan, selain pasien dan staf.

“Sejak awal krisis, staf Rumah Sakit Al-Ahli telah mempertahankan kehadiran sewaktu-waktu di rumah sakit, menerima orang terluka dan menyediakan mereka dengan perawatan medis penting yang mereka butuhkan,” kata Keuskupan Yerusalem Gereja Episkopal pada laporan Jumat (15/8) lalu.

Menurut laporan yang sama, rumah sakit telah menerima 3.300 kasus darurat sejak krisis mulai pada pertengahan Juli lalu dan saat ini merawat 30 orang yang terluka parah di rawat inap. RS Al-Ahli menerima  rata-rata 55 pasien terkait kasus luka bakar per hari, dan rata-rata 150 pasien baru per hari—sebagian besar anak-anak—yang menderita infeksi dada, diare, ruam dan kudis karena kebersihan yang tidak memadai (kepadatan penduduk dikombinasikan dengan kurangnya sanitasi ) dan kekurangan air dan makanan.

Saat gencatan senjata menyediakan waktu bagi staf rumah sakit untuk menilai kebutuhan dan sumber daya, dan untuk pekerja ambulans dan tim penyelamat lainnya untuk membawa orang yang terluka untuk merawat pusat. Banyak rumah sakit dan klinik Gaza ini telah mengalami kerusakan dan lain-lain telah ditutup karena kurangnya staf dan persediaan atau berada di lokasi aman. Akibatnya, rumah sakit sisanya bekerja di luar kapasitas untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Ke depan, RS Al-Ahli mengidentifikasi untuk memberikan perawatan psikososial bagi perempuan dan anak-anak sebagai prioritas utama, selain perawatan medis yang sedang berlangsung untuk luka bakar dan cedera lainnya. Kekurangan bahan bakar dan obat-obatan mengancam untuk membatasi kemampuan rumah sakit untuk merespons kebutuhan yang muncul.

Pada 20 Agustus, menurut UN OCHA, ada 1.999 warga Palestina (termasuk 1.417 warga sipil) dan 67 warga Israel (termasuk tiga warga sipil) meninggal dalam kekerasan. WHO melaporkan bahwa lebih dari 10.000 warga Palestina telah terluka, dan UNRWA menyatakan bahwa 400.000 orang saat ini mengungsi.

“Saya mendesak semua Gereja Episcopal untuk terus menjaga dalam doa-doa mereka yang terkena dampak konflik di Tanah Suci,” kata Rob Radtke, Presiden Episcopal Relief & Development. “Silakan juga berdoa bagi semua yang bekerja dengan gigih untuk meringankan penderitaan dan membangun perdamaian - di wilayah Palestina dan Israel, dan seluruh wilayah di zaman penuh tantangan ini.” (episcopaldigitalnetwork.com)

Artikel terkait peran gereja-gereja di Gaza dan wilayah lain di Palestina dapat Anda baca di:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home