Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:39 WIB | Jumat, 23 November 2018

Rumah Bambu Buatan Perancang Filipina Solusi Krisis Perumahan

Ilustrasi. Rumah bambu CUBO dapat diproduksi dalam satu pekan kemudian didirikan dalam empat jam. (Foto: bbc.com)

FILIPINA, SATUHARAPAN.COM – Seorang perancang asal Filipina, memenangi hadiah sebesar 50.000 poundsterling atau Rp939 juta, berkat desain rumah bambu berbiaya terjangkau untuk mengatasi krisis perumahan di Filipina.

Kompetisi itu diselenggarakan Royal Institute of Chartered Surveyors (RICS) Cities for our Future.

Rumah bambu rancangan Earl Patrick Forlales, hanya memerlukan empat jam untuk didirikan, dan harga pembuatannya berkisar Rp1 juta per meter persegi.

"Ini adalah rumah fungsional, tapi ini lebih dari sekadar rumah. Ini dirancang untuk mengubah limbah komunitas menjadi energi dan sumber berharga lainnya,” kata Forlales, yang dilansir situs bbc.com pada Jumat (23/11).

Forlales adalah seorang arsitek yang berasal dari Manila dan mengenyam pendidikan teknik bahan.

Ia akan menggunakan uang hadiah itu untuk mulai mengerjakan proyek perumahan komunal 'CUBO', yang diagendakan untuk dijalankan mulai tahun depan, dengan rumah rancangannya ini.

Dia berharap, rancangannya dapat meringankan beban kota-kota padat penduduk, seperti di kawasan Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Selatan, di kota-kota itu juga tanaman bambu gampang didapat.

"CUBO mulai dari sekadar gagasan. Hal itu muncul saat saya menghabiskan waktu di rumah kakek-nenek. Jika dipikir, luar biasa sekali bahwa hal itu sekarang akan menjadi kenyataan," kata  Forlales.

Manila, kota asal Forlales, dihuni 12 juta orang. Sekitar empat juta orang di antara mereka tinggal di permukiman kumuh. Angka ini, diperkirakan akan bertambah selama tiga tahun mendatang,  mengingat dalam periode tiga tahun itu diperkirakan 2,5 juta pekerja akan datang ke Manila.

Konsekuensinya, beban kota untuk menyediakan perumahan yang layak semakin besar.

Rumah bambu rancangan Forlales, akan digunakan untuk menampung para pekerja baru, untuk kemudian diperluas ke permukiman kumuh.

Bambu yang digunakan sebagai material utama rumah tersebut, bakal dilapis sehingga umurnya akan berlipat 10 kali.

Hal ini, menjadikan rumah itu ramah lingkungan, apalagi bambu melepas 35 persen oksigen lebih banyak daripada pohon kebanyakan dan dapat dipanen setiap tahun tanpa menyebabkan degradasi tanah.

Atap rumah CUBO sengaja dirancang sedikit miring, guna mengalirkan air hujan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home