Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:28 WIB | Jumat, 03 Januari 2014

Rupiah Jumat Ditutup Menjadi Rp 12.202

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore bergerak melemah sebesar 54 poin menjadi Rp 12.202 dibanding sebelumnya di posisi Rp 12.148 per dolar AS.

"Volatilitas rupiah masih normal meski cenderung melemah pada akhir pekan ini menyusul data manufaktur dan non-manufaktur China yang mengalami penurunan," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat (3/1).

Menurut dia, berkurangnya aktivitas sektor manufaktur dan non-manufaktur China menimbulkan kekhawatiran pasar. China merupakan mitra dagang Indonesia sehingga sinyal perlambatan aktivitas ekonomi itu dapat berdampak negatif.

Kendati demikian, lanjut dia, data ekonomi Indonesia yang cukup positif masih dapat menahan tekanan rupiah terhadap dolar AS lebih dalam.

Ariston memproyeksikan bahwa pergerakan mata uang rupiah pada pekan depan di kisaran Rp 12.030 - Rp 12.270 per dolar AS.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada menambahkan laju rupiah kembali mengalami tekanan menyusul pelaku pasar uang cenderung memburu dolar AS setelah dirilisnya data penjualan rumah dan kepercayaan konsumer di AS naik.

Akan diterapkannya "tappering off" The Fed pada Januari ini, lanjut Reza, menambah kekhawatiran pelaku pasar uang terhadap mata uang berisiko.

"Data inflasi dan surplusnya neraca perdagangan dibayangi sentimen negatif eksternal," kata dia.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Jumat ini (3/1), tercatat mata uang rupiah menguat menjadi Rp 12.226 dibanding sebelumnya (2/1) di posisi Rp 12.242 per dolar AS. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home