Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:14 WIB | Rabu, 27 November 2019

Rusia Akan Bangun Pangkalan di Bulan

Bulan purnama difoto dari Moskow pada 29 Juni 2018. (Foto: Xinhua/Shi Hao)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Rusia berencana membangun sebuah pangkalan di Bulan setelah tahun 2025, yang dapat digunakan untuk memantau komet dan asteroid, serta mempersiapkan penerbangan ke planet-planet lain, demikian disampaikan seorang pejabat Rusia pada Senin (25/11).

Pada akhir tahun ini, badan antariksa Rusia Roscosmos akan mengajukan sebuah program untuk meneliti dan mengeksplorasi Bulan kepada pemerintah, tutur Direktur Eksekutif Roscosmos untuk Ilmu Pengetahuan dan Program Jangka Panjang Alexander Bloshenko.

Sebuah rencana mendetail tengah dibuat untuk diimplementasikan setelah tahun 2025, ujar Bloshenko kepada kantor berita TASS dalam sebuah wawancara.

Menurut Bloshenko, peralatan untuk meneliti angkasa luar serta teleskop khusus untuk melacak asteroid dan komet yang mengancam keamanan Bumi menurut rencana akan ditempatkan di pangkalan Bulan yang akan dibangun di kutub selatan satelit alami Bumi tersebut.

Roscosmos juga berencana akan mendirikan tempat uji coba di sana untuk berbagai teknologi yang akan diperlukan dalam penerbangan lebih jauh ke angkasa luar, papar pejabat Rusia tersebut.

Bloshenko mengatakan bahwa sistem robotik akan menangani pemeliharaan infrastruktur di pangkalan tersebut, sedangkan manusia akan melakukan kunjungan berkala untuk menyelesaikan berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan robot. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home