Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 07:06 WIB | Sabtu, 13 Januari 2018

Rusia Kerahkan Media Dukung Kemerdekaan Catalonia

Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM- Sebuah laporan yang dibuat oleh Partai Demokrat AS untuk Kongres menyerukan kecaman atas campur tangan Rusia dalam referendum kemerdekaan Catalonia pada tanggal 1 Oktober 2017.

Laporan tersebut, yang disampaikan pada hari Rabu (09/01) oleh staf Demokrat kepada komite hubungan luar negeri Senat AS, menegaskan bahwa ada bukti bahwa media yang dikelola Kremlin seperti RT dan Sputnik, memperkuat dukungan terhadap kemerdekaan Catalonia dengan bot dan akun media sosial palsu serta melakukan kampanye disinformasi selama referendum.

Laporan tersebut memberikan gambaran umum tentang kampanye destabilisasi Rusia di berbagai negara di Eropa dan negara-negara Barat, dan dilanjutkan dengan sebuah pertemuan komite yang berlangsung pada bulan November.

"Referendum (Catalonia) didorong oleh isu politik, budaya, dan ekonomi dalam negeri selama beberapa dekade, namun juga menunjukkan kesempatan Moskow untuk mempromosikan sebuah hasil yang akan melemahkan negara anggota utama Uni Eropa," demikian laporan tersebut, yang dilansir oleh EL PAIS. 

Ditambahkan bahwa "Sementara referendum tidak menghasilkan kemerdekaan Catalonia dari Spanyol, ini menunjukkan bahwa Spanyol adalah target pertumbuhan operasi pengaruh Kremlin yang tidak baik."

Demokrat, dengan mengacu pada investigasi EL PAÍS, berpendapat  ada banyak bukti bahwa pemerintah Rusia mempromosikan publikasi berita dan artikel melawan pemerintah Spanyol dan mendukung gerakan kemerdekaan. Pada hari referendum, profil Twitter yang dikendalikan oleh agen Rusia meningkatkan volume posting sebesar 2.000 persen - dengan semua tweet mendorong kemerdekaan. RT dan kantor berita lainnya menolak tuduhan tersebut.

Menurut laporan tersebut, tujuan campur tangan Rusia baru-baru ini adalah untuk mengacaukan negara-negara Uni Eropa dan Eropa, yang merupakan rival politik utama Vladimir Putin. Rusia juga menargetkan Brexit dan pemilihan presiden Prancis dan Jerman.

Di luar ini, laporan tersebut menunjukkan bahwa tindakan Kremlin di Spanyol juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran perusahaan Rusia di Catalonia dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh sejumlah besar perusahaan yang meninggalkan wilayah tersebut sebagai respons terhadap krisis politik. Laporan tersebut berpendapat bahwa Catalonia dipandang sebagai basis yang bisa digunakan Rusia untuk mengakses bagian lain benua Eropa.

Dalam hal Spanyol, laporan tersebut juga menguraikan peran mafia Rusia dan upayanya untuk mempengaruhi organisasi politik Catalan melalui pencucian uang, suap dan dana ilegal. Menurut sebuah penyelidikan oleh asosiasi jurnalisme investigatif nirlaba ProPublica, yang dikutip dalam laporan tersebut, dari tahun 1990an agen-agen yang dikaitkan dengan Putin telah menetap di Spanyol dan memimpin operasi kejahatan terorganisir, kebanyakan di Catalonia. Selama puluhan tahun, mereka telah berhasil meyakinkan pebisnis dan politisi untuk mempromosikan agenda pro-kemerdekaan. Sebagai contoh, Demokrat menunjuk pada kasus Xavier Crespo, mantan wakil koalisi pemilihan nasionalis Catalan Convergence and Union (Convergència i Unió), dijatuhi hukuman pada tahun 2015 karena telah memberikan bantuan kepada kepala mafia Rusia Andrei Petrov sebagai imbalan atas barang dan uang € 270,000.

Bukti pertama di Amerika Serikat tentang campur tangan Rusia terungkap dalam pemilihan AS yang dimenangkan oleh Donald Trump. CIA, FBI dan badan intelijen lainnya memastikan bahwa Rusia mencoba ikut campur dalam banyak kasus dan meluncurkan kampanye online untuk mempengaruhi hasil pemilihan yang menguntungkan Trump. Hampir setahun kemudian, plot Rusia masih menimbulkan bayangan di Washington saat penyelidikan yang dipimpin Robert Mueller berlanjut untuk menjawab apakah tim Trump berkolaborasi dengan Kremlin. Dengan laporan terakhir ini, Demokrat berharap untuk menekan Republik agar mengambil tindakan terhadap campur tangan Rusia menjelang pemilihan kongres dan pemilu sela pada bulan November.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home