Loading...
MEDIA
Penulis: Sotyati 14:05 WIB | Sabtu, 02 Agustus 2014

Rusia Mulai Berlakukan UU Blogger

Travel blogger terkenal Rusia, Sergey Dolya. (Foto: Mik Sazonov)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Sebuah undang-undang baru mulai berlaku di Rusia, mewajibkan penulis blog yang punya 3.000 lebih pengunjung situs per hari mendaftarkan diri kepada pemerintah. Perkembangan seperti itu dinilai pengecam akan menekan penulis blog independen.

Undang-undang yang mulai berlaku hari Jumat (1/8) itu mewajibkan penulis blog semacam itu mendaftarkan diri sebagai organisasi media massa, dan oleh karena itu harus mematuhi peraturan yang melarang penerbitan informasi yang tidak benar, menghasut kebencian, atau penggunaan kata-kata kasar.

Para blogger harus memberi informasi pribadi mereka kepada pemantau media pemerintah, Roskomnadzor, dan bahkan harus bertanggung jawab atas komentar pembaca yang diterbitkan dalam blog mereka.

Blogger yang menolak mematuhi UU itu akan didenda sampai 1.400 dolar dan blognya dilarang di wilayah Rusia. Organisasi yang tidak mematuhinya akan didenda sampai 14.000 dolar.

Koran Izvestia pada Jumat melaporkan Roskomnadzor telah membuat daftar tujuh penulis blog yang akan diberitahu bahwa mereka harus mendaftarkan blognya sebagai penerbitan media massa. Dalam daftar itu termasuk penulis novel, Boris Akunin, penulis radikal Eduard Limonov, pelawak serta aktor Mikhail Galustyan, dan juru potret Sergei Dolya.

Rusia bersikeras memberlakukan undang-undang baru itu di tengah-tengah rasa skeptis banyak kalangan, termasuk blogger dan ahli media Edvard Cheskonov, yang mengatakan Rusia tidak mungkin menerapkan aturan berkaitan dengan teknis Internet yang merupakan jaringan tidak terpusat.

Pemberitaan RIA Novosti pada Februari lalu menyebutkan parlemen Rusia berinisiatif menyusun undang-undang bagi blogger dengan 10.000 pengunjung per hari harus mendaftar diri sebagai organisasi media massa.

Pada sisi lain, sebuah berita menyebutkan melalui suatu jajak pendapat 55 persen warga Rusia tidak mengerti makna “blogger”. (VOA/RIA Novosti)

Artikel-artikel tentang peran blogger dalam kehidupan bernegara dapat Anda baca di sini:

Rusia Larang Penyebaran Informasi dari Blogger Navalny
Vietnam Tahan Blogger atas Dakwaan Antipemerintah
Penganiaya Wartawan Ukraina Ditangkap
Ukraina, Posting Villa Mewah Mendagri, Wartawan Dipukuli


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home