Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 21:02 WIB | Minggu, 05 Februari 2017

Rusia Segera Bangun Rel Kereta Api Kaltim-Kalteng

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) menandatangani berkas pelantikan Marsekal Muda TNI M Syaugi (kedua kanan) sebagai Kepala Basarnas dan Bambang Prihartono (kanan) sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Perhubungan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (1/2). Marsekal Muda TNI M Syaugi dilantik menjadi Kepala Basarnas menggantikan Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo yang memasuki masa pensiun. (Foto: Antara)

PALANGKA RAYA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi menyebut salah satu perusahaan asal negara Rusia telah menyatakan kesiapannya dan ingin segera membangun rel kereta api dari Provinsi Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah.

Perusahaan itu sebenarnya ingin ground breaking pembangunan rel kereta api dari Kaltim-Kalteng namun masih perlu ada konfirmasi dari Kedutaan Rusia apakah dapat dilaksanakan atau tidak, kata Budi usai pertemuan dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Bandara Tjilik Riwut, hari Minggu (5/2).

"Rel kereta api itu untuk mengangkut batubara. Kalau untuk angkutan orang, terlalu mahal. Tapi kan, kalau sudah ada jaringan rel kereta api itu tinggal digunakan untuk transportasi orang," tambahnya.

Sementara mengenai pembangunan rel kereta api jalur Puruk Cahu melalui Bangkuang hingga Batanjung di Provinsi Kalteng, Menhub enggan berkomentar banyak bahkan menganggap progresnya terlalu lambat.

Dia mengatakan sampai sekarang ini pihak China Railway Group Limited selaku investor belum pernah bertemu dengan dirinya, sehingga lebih baik membahas yang telah pasti dan jelas progresnya.

"Saya tidak akan membatalkan pembangunan rel kereta api yang akan dibangun China Railway Group Limited. Tapi kan sesuatu yang tidak fisibel, apalagi menyangkut orang lain, tentu tidak bisa bersaing. Apa kita mau membiayai." ucapnya.

Budi membantah bahwa dirinya menggantung pembangunan kereta Api sepanjang 425 kilometer peninggalan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang periode 2005-2010 dan periode 2010-2015 itu, bahkan telah masuk Program rencana strategis Nasional.

Dia mengatakan pihak China Railway Group Limited sendiri yang belum menunjukkan keseriusannya dalam mempercepat pembangunan tersebut.

"Bukan digantung. Kalau saya bilang tidak boleh, saya yang menggantung. Pihak China Railway Group Limited yang menggantungnya. serius sendiri mereka," kata Budi. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home