Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 22:05 WIB | Sabtu, 20 Januari 2018

Salib dari Salvador, Simbol Kesatuan Kristen Hiasi Pusat Ekumenis

Kardinal Koch berbicara tentang rekonsiliasi dan kesatuan di kapel Ecumenical Center. (Foto: Ivars Kupcis/WCC)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Salib Salvador yang sekarang menjadi ikon kesatuan Kristen, menghiasi Kapel Dewan Gereja Dunia di Jenewa, Swiss, sejak hari pertama Pekan Doa untuk Kesatuan Kristen, yang berlangsung 18 – 25 Januari.

Salib setinggi 2 meter dari Salvador itu sebelumnya dikenal sebagai Salib Lund, diambil dari nama kota di Swedia, tempat jemaat Lutheran dan umat Katolik Roma bertemu pada akhir tahun 2016 untuk memperingati ulang tahun ke-500 Reformasi.

“Atas nama Dewan Gereja Sedunia, kami menerima salib ini sebagai pemberian persekutuan,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (WCC), Pendeta Dr Olav Fykse Tveit pada upacara tersebut.

“Semoga langkah historis yang dilambangkannya mengingatkan kita bahwa salib Kristus mengubah konflik kita menjadi persekutuan, dan kita diperdamaikan sebagai satu ciptaan, digabungkan oleh satu aspek dari Allah dan Pencipta. Lihatlah salib yang memberi hidup.”

Sebuah tanda komitmen terus-menerus dengan satu gerakan oikumenis Salib Lund, diciptakan untuk peringatan bersama Katolik-Lutheran tentang Reformasi di Lund dan Malmö, Swedia, pada tanggal 31 Oktober 2016.

Minggu doa untuk bagian ini, secara tradisional dirayakan antara 18-25 Januari, antara perayaan Santo Petrus dan Santo Paulus.

Di belahan bumi selatan, di mana Januari sering menjadi waktu liburan, gereja mencari hari lain untuk merayakannya, misalnya di seputar Pentakosta, yang juga merupakan tanggal simbolis untuk persatuan.

Karya Artis Salvador Christian Chavarría Ayala

Kardinal Kurt Koch, Presiden Dewan Kepausan untuk Mempromosikan Persatuan Kristiani dalam khotbahnya pada 18 Januari di kapel tersebut berbicara mengenai pesan salib, yang merupakan karya seniman Salvador, Christian Chavarría Ayala, pria yang telah tinggal di bawah bayang-bayang ancaman kematian di negaranya.

Dalam khotbahnya, Kardinal Koch mengingatkan orang-orang di kapel bahwa salib itu hadir saat penandatanganan Pernyataan Bersama Lutheran-Katolik yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Uskup Munib A Younan, Presiden Federasi Dunia Lutheran (LWF) pada hari bersejarah itu.

“Rekonsiliasi Allah dengan kita sebagai manusia, terjadi di kayu salib. Martin Luther dengan tepat menempatkan pesan salib di jantung Reformasinya dan dengan demikian menantang kita untuk mengarahkan pandangan kita pada gravitasi salib,” kata Koch.

“Ketika kita menerima karunia rekonsiliasi dari Tuhan, kita juga dipanggil dan diwajibkan untuk mewartakan rekonsiliasi Allah dan bekerja untuk rekonsiliasi, dengan otorisasi Yesus Kristus sendiri,” ia menjelaskan.

Turut hadir dalam acara tersebut selain Tveit, adalah dari LWF, Pendeta Dr Martin Junge, juga Pendeta Dr Kaisamari Hintikka, asisten sekretaris umum LWF untuk Hubungan Ekumenis dan Direktur Departemen Teologi dan Saksi Umum, serta  tokoh ekumenis terkemuka lain dari Jenewa.

Koch mencatat bahwa logika manusia acap mengaitkan kekejaman kematian Yesus dengan balas dendam.

“Tapi di atas kayu salib, Allah menunjukkan bahwa satu-satunya ‘balas dendam’ yang dia tahu adalah tanpa kompromi menyatakan ‘tidak’ terhadap kekerasan dan pembalasannya, dan mutlak menyatakan ‘ya’ untuk rekonsiliasi sejauh hal itu dapat dicapai.”

Ayala menyatakan salib itu pemberian Allah. Dia mengaku telah membuat lebih dari 130.000 salib, yang telah tersebar ke-109 negara. Simbol persatuan Kristennya itu tergantung di kantor-kantor uskup, politisi dan mantan presiden di Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Vatikan.

Salib menggambarkan karya kreatif, rekonsiliasi dan pengudusan Allah Tritunggal. Di dasar salib, tangan Tuhan memegang segala sesuatu bersama-sama.

Hintikka dalam khotbahnya, melihat di dalam salib perjalanan umum umat Lutheran dan Katolik dalam baptisan dan bersama-sama diskusi tentang bagaimana masa depan kedua tradisi itu.

“Tanggapan kita terhadap panggilan Kristus untuk menjadi satu, keinginan dan doa kita untuk mengikuti panggilan itu – adalah berkumpul mengelilingi meja Ekaristi yang sama. Namun, kita mengakui bahwa kita belum sampai ke sana.”

50 Tahun Berdialog

Dia berkata, “Selama 50 tahun berdialog, kami, jemaat Lutheran dan umat Katolik, telah berbagi banyak karunia dan belajar saling bertemu dengan mata baru.”

Hintikka berkata, “Tidak ada rekonsiliasi tanpa pembaruan. Untuk didamaikan, kita perlu berubah. Ubah kebiasaan, keyakinan, sikap, ajaran kita - bahkan ajaran kita - hubungan dengan diri kita sendiri, tetangga kita, kepada Tuhan.”

Mendedikasikan salib LWF, Junge berkata, “Dengan rasa syukur atas Peringatan Bersama Lutheran dan Katolik dalam Peringatan 500 Tahun Reformasi di Lund, Swedia, kami mempersembahkan Salib Lund ke Pusat Ekumenis di Jenewa.”

“Semoga ini menjadi tanda harapan yang kita bagi, saat kita meninggalkan konflik dan beralih menuju masa depan bersama.” (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home