Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 21:25 WIB | Jumat, 04 Mei 2018

Sana Jennifer, Mantap Berkecimpung di Gerakan Ekumenis

Sana Jennifer, aktivis gerakan ekumenis dari Pakistan. (Foto: Jebasingh Samuvel)

SATUHARAPAN.COM – Sejak mendapatkan beasiswa yang membuatnya terlibat dalam gerakan ekumenis, masa depan Sana Jennifer sudah terpampang. Memulai sebagai sekretaris dan administrator kantor uskup di Keuskupan Raiwind, Gereja Pakistan, di Lahore tiga tahun lalu, tahun ini ia ditunjuk sebagai koordinator program pemuda.

Begitu meraih gelar master dalam bidang komunikasi dari Akademi Kristen Forman - satu-satunya universitas Kristen di Pakistan - ia punmerasa sangat siap untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab di masa depan.

“Ini adalah apa yang Tuhan telah persiapkan untuk saya lakukan. Begitu masuk ke gerakan ekumenis, Anda akan tetap di sana,” katanya kepada Claus Grue dari WCC, seperti dilansir oikoumene.org.

Tinggal di negara dengan hanya 1,5 persen orang yang beragama Kristen dan di mana fundamentalisme agama adalah kenyataan, tantangan utamanya adalah untuk meyakinkan orang-orang Kristen muda untuk tinggal di Pakistan dan mengejar pendidikan.

“Beberapa orang memilih meninggalkan negara karena mereka tidak merasa aman di sini. Namun, kalau pergi, ada kemungkinan mereka akan terlibat dalam narkoba, perdagangan manusia, atau hal-hal buruk lainnya. Kita harus menjangkau mereka, membuat mereka menyadari bahwa Tuhan mengasihi mereka dan bahwa doa-doa mereka akan didengar. Harapan adalah kunci menuju iman,” kata Jennifer.

Dalam tindakan konkret, gerejanya juga mendukung orang-orang muda secara finansial untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan, baik itu keterampilan teknis atau studi universitas, misalnya dalam teologi. Program pemuda diiklankan melalui media sosial.

Prioritas lain adalah membangun perdamaian melalui dialog antaragama dan untuk meredakan ketegangan antara Muslim dan Kristen.

“Kami mempertemukan umat Muslim dan Kristen: Kami melatih kaum muda, pemimpin agama dan wanita dalam dialog antaragama, sehingga mereka dapat menyampaikan pesan perdamaian. Ini adalah pertanyaan untuk membangun rasa saling menghormati dan meningkatkan toleransi - untuk keluar sebagai teman dan hidup berdampingan, ”Jennifer menjelaskan.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah berbagi tradisi satu sama lain, seperti Natal dan Ramadan.

“Pesan kami adalah bahwa kami tidak mengganggu iman satu sama lain dan bahwa kami kuat dalam iman kami masing-masing. Jadi, mari kita saling mengundang untuk merayakan tradisi bersama,”Jennifer melanjutkan.

Terinspirasi oleh partisipasi di Asia Youth Youth Assembly di Manado, Indonesia, baru-baru ini, dia sekarang mempersiapkan pertemuan pemuda nasional dengan tema yang sama, “Tuhan, Kirimkan Cahaya dan Kebenaran-Mu untuk Memimpin Kami,” di Lahore musim panas ini. Sekitar 150 pemuda dari delapan keuskupan Pakistan, serta denominasi lain, akan diundang. Tujuannya adalah pengembangan spiritual, fisik, dan emosional.

“Itu akan menjadi satu lagi langkah penting dalam perjalanan ekumenis kami,” Jennifer menyimpulkan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home