Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 07:07 WIB | Kamis, 20 Oktober 2016

Sang Ratu yang Gemar Bercermin

Cermin merupakan benda yang paling jujur.
Bercermin (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Alkisah hiduplah seorang ratu yang gemar bercermin. Ia mempunyai cermin yang dapat berbicara. Setiap hari ia bercermin dan bertanya,  ”Hai, Cermin Ajaib, siapakah yang paling cantik di negeri ini ?”

”Tentu, engkaulah yang paling cantik di negeri ini!” jawab Sang Cermin. Dan ratu pun puas.

Hari, bulan, dan tahun berlalu, Sang Ratu senantiasa bercermin dan bertanya. Dan Cermin Ajaib pun menjawab pertanyaan Ratu dengan jawaban yang itu-itu juga: ”Tentu, engkaulah yang paling cantik di negeri ini!”

Hingga suatu hari. ”Hai, Cermin Ajaib, siapakah yang paling cantik di negeri ini?”

”Tentu, Putri Saljulah yang paling cantik di negeri ini,” jawab Sang Cermin. Raut muka Sang Ratu memerah dan ia berikhtiar menghancurkan cermin tersebut.

Demikianlah ringkasan dongeng Snow White atau Putri Salju karya Hans Christian Andersen.

Apa yang menarik dari kisah Sang Ratu dalam cerita Putri Salju ini? Apa kelebihan dan kekurangan Sang Ratu?

Kelebihannya: Sang Ratu setiap kali bercermin. Bercermin menandakan adanya keinginan untuk menjadi sempurna. Bercermin menandakan bahwa Sang Ratu senantiasa ingin mengevaluasi dirinya. Ia senantiasa bercermin. Artinya dia tidak pernah puas dengan dirinya yang kemarin, tetapi dia sungguh-sungguh ingin melihat kondisinya sekarang juga!

Kekurangannya: ketika fakta berbeda dengan harapan, Sang Ratu ingin menghancurkan cermin tersebut. Ia tidak mampu menerima kenyataan. Bagai peribahasa: buruk rupa cermin dibelah.

Sejatinya, cermin merupakan benda yang paling jujur. Dia hanya memantulkan bayangan dari apa yang diterimanya. Jika rambut kita acak-acakan, pastilah bayangan rambut acak-acakanlah yang ada dalam cermin tersebut. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyisir rambut kita agar terlihat rapi.

So, mari bercermin!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home