Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:10 WIB | Minggu, 10 Mei 2020

Satu Lagi Patung Kura-kura Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Angkor, Kamboja

Satu Lagi Patung Kura-kura Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Angkor, Kamboja
Sebuah patung kura-kura besar berusia ratusan tahun di Provinsi Siem Reap, Kamboja, pada 7 Mei 2020. (Foto-foto: Xinhua/Otoritas Nasional Apsara)
Satu Lagi Patung Kura-kura Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Angkor, Kamboja
Foto yang dirilis oleh Otoritas Nasional Apsara pada 7 Mei 2020 ini menunjukkan sebuah patung kura-kura raksasa berusia ratusan tahun di Provinsi Siem Reap, Kamboja.

PHONM PENH, SATUHARAPAN.COM - Para arkeolog berhasil menemukan satu lagi patung kura-kura raksasa berumur ratusan tahun dalam penggalian di sebuah reservoir di kompleks taman arkeologi Angkor, Kamboja barat laut, papar seorang juru bicara pada Sabtu (9/5).

"Kami menemukan satu lagi patung kura-kura yang terbuat dari batu pasir pada Jumat (8/5) selama penggalian, dan ukurannya sedikit lebih kecil dari yang kami temukan pada Rabu (6/5)," kata Long Kosal, Direktur Komunikasi dan Juru Bicara Otoritas Nasional Apsara, pihak yang bertanggung jawab atas pengawasan taman arkeologi Angkor, kepada Xinhua.

Adapun patung kura-kura yang digali pada Rabu lalu berukuran sekitar 56 kali 93 sentimeter, terangnya.

Proyek ekskavasi di candi abad ke-10 Srah Srang, yang berdiri di sebuah pulau di tengah reservoir Srah Srang (Royal Bath), kompleks Taman Arkeologi Angkor tersebut dimulai pada akhir Maret dan dijadwalkan rampung dalam enam pekan.

Penggalian tersebut juga menghasilkan penemuan sejumlah benda kuno lainnya, seperti trisula logam, sebuah patung naga, dan sejumlah besar batu kristal, kata Kosal.

Terletak di Provinsi Siem Reap, taman arkeologi Angkor yang berdiri di lahan seluas 401 kilometer persegi tersebut resmi masuk dalam Daftar Situs Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) tahun 1992, dan menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di negara kerajaan itu.

Situs kuno itu menarik 384.317 turis asing dalam empat bulan pertama tahun 2020, dan meraup pendapatan kotor senilai hampir 18 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.009) dari penjualan tiket, papar laporan Angkor Enterprise. 

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home