Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 00:40 WIB | Rabu, 01 Oktober 2014

SBY akan Tandatangani RUU Pilkada Lalu Keluarkan Perppu

SBY akan Tandatangani RUU Pilkada Lalu Keluarkan Perppu
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat memberi pembekalan pada Anggota DPR-RI dan kader utama Partai Demokrat dalam acara bertajuk “Rapat Konsolidasi Partai Demokrat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (30/9). (Foto-foto: demokrat.or.id/iwan k)
SBY akan Tandatangani RUU Pilkada Lalu Keluarkan Perppu
Susilo Bambang Yudhoyono memberi keterangan pada wartawan memberi pembekalan pada Anggota DPR RI dan kader utama Partai Demokrat.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan akan menandatangani RUU Pilkada kemudian segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Undang-Undang Pilkada, yang didalamnya mengakomodasi pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat, namun dengan sejumlah perbaikan. 

"Saya sedang mempersiapkan Perppu sebagai pengganti undang-undang. Akan saya ajukan ke DPR," kata Presiden Yudhoyono yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, seusai memimpin rapat konsolidasi Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/9). 

Menurut SBY, saat ini pemerintah berpandangan sama dengan Partai Demokrat yang mendukung pilkada langsung dengan sejumlah perbaikan. 

Dia mengakui bahwa pilkada langsung dengan perbaikan, yang diperjuangkan Partai Demokrat di DPR pada Rapat Paripurna pekan lalu tidak berhasil. 

Oleh karena itu, kata SBY, dirinya mengambil keputusan untuk mengeluarkan Perppu yang di dalamnya mengatur pilkada langsung dengan perbaikan.

"Setelah hari ini atau esok saya terima RUU hasil sidang paripurna kemarin, maka aturan mainnya harus saya tandatangani. Dan setelah saya tandatangani, karena saya sungguh mendengar kehendak rakyat, maka saya akan mengeluarkan Perppu yang di dalamnya terkandung sistem pemilu langsung dengan perbaikan," tegas dia. 

SBY mengatakan keputusan mengeluarkan Perppu merupakan risiko politik yang harus ditempuh. Namun keputusan Perppu itu akan diterima atau tidak, sepenuhnya menjadi kewenangan DPR RI. 

“Ini politik. Saya mengambil risiko, dan saya sudah mengambil keputusan untuk mengajukan Perpu. Karena Perpu adalah subjektifitas Presiden, apakah diterima atau tidak, kita serahkan  pada DPR. Kalau DPR mendengar suara rakyat maka sistem pilkada langsung dengan perbaikan inilah yang kita jalankan lima tahun mendatang,” kata SBY.

SBY menekankan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dirinya juga menekankan bahwa Demokrat akan memperjuangkan opsi pilkada langsung dengan perbaikan, sampai kapan pun.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI mengesahkan UU Pilkada yang di dalamnya mengatur bahwa pemilihan kepala daerah dikembalikan kepada DPRD. Keputusan ini sesuai dengan keinginan partai Koalisi Merah Putih.

Partai pendukung Jokowi-JK yang menginginkan pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat, tidak mampu berbuat apa-apa karena kalah suara dalam Rapat Paripurna. 

Sementara itu Partai Demokrat sendiri merasa opsinya yakni pilkada langsung dengan 10 syarat perbaikan, tidak diakomodasi dalam Rapat Paripurna, sehingga partai itu memutuskan "walkout". (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home