Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 03:53 WIB | Minggu, 11 Oktober 2015

SeaWorld Dilarang Membiakkan Paus dalam Penangkaran

Ilustrasi. Pemerintah California sudah melarang SeaWorld untuk membiakkan hewan dalam penangkaran, sehingga masa depan atraksi populer paus pembunuh pun jadi tidak menentu. (Foto: BBC)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah California sudah melarang SeaWorld untuk membiakkan hewan dalam penangkaran, sehingga masa depan atraksi populer paus pembunuh pun jadi tidak menentu.

Putusan yang sama dari Komisi Kelautan California juga memungkinkan akuarium di San Diego tersebut untuk membangun kolam tangki baru buat orca mereka.

Dalam sebuah pernyataan, SeaWorld mengatakan mereka "kecewa" dengan hasil putusan yang keluar pada Kamis (8/10).

SeaWorld berencana membangun dua tangki baru untuk kunjungan dan penelitian.

"Pembiakan adalah bagian yang alami, mendasar, dan penting dalam hidup hewan. Menutup kesempatan mereka menjadi hewan yang sosial dan menghambat hak reproduksi mereka adalah hal yang kejam," kata Presiden SeaWorld San Diego Park John Reilly.

Proyek pembangunan tangki tersebut disetujui "dengan syarat yang melarang pembiakan dalam penangkaran, pembuahan buatan, dan penjualan, perdagangan, atau pemindahan hewan dalam penangkaran."

Komisi menerima lebih dari 120.000 email dari warga tentang rencana perluasan SeaWorld, sebagian besar dari mereka yang menentang, kata juru bicara komisi Noaki Schwartz.

Kelompok perlindungan hak hewan People for the Ethical Treatment of Animals atau PETA, memuji putusan tersebut. Menurut mereka hal ini bisa secara efektif mengakhiri pertunjukan paus orca.

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan bahwa putusan ini "memastikan tak ada lagi orca yang menjalani kehidupan yang sepi, sengsara, dan penuh kekurangan."

SeaWorld menghadapi kritikan keras dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak keluarnya film dokumenter "Blackfish" pada 2013 yang secara khusus menyerang program pertunjukan orca perusahaan tersebut.

"Blackfish" mengklaim bahwa paus dalam penangkaran menjadi bosan dengan lingkungan yang steril sehingga berubah agresif terhadap pelatih manusia mereka.

SeaWorld menyebut film tersebut "salah dan menyesatkan".

Beberapa selebritas sudah mengutuk perlakuan SeaWorld terhadap hewan-hewan dalam penangkaran beberapa tahun terakhir.

Pada Agustus 2015, SeaWorld Entertainment melaporkan penurunan pemasukan sampai 84 persen di kuartal kedua 2015 jika dibandingkan periode yang sama pada 2014, dan 2 persen penurunan jumlah pengunjung. (bbc.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home