Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 20:15 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus

Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus
Paus Fransiskus memberkati Rosario yang dibawa oleh istri Jonan, Ratnawati dalam kesempatan Audiensi Umum di lapangan Basilika Santo Petrus, hari Rabu (5/10). (Foto-foto: photovat.com)
Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus
Ignasius Jonan mendekati Paus Fransiskus untuk bersalaman di dalam kesempatan Audiensi Umum di lapangan Basilika Santo Petrus.
Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus
Ignasius Jonan memperkenalkan istrinya untuk bersalaman dengan Paus ke-266 itu.
Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus
Imam Yesuit pertama sekaligus orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang menjadi Paus itu juga tampak mendoakan Jonan dan istrinya seraya keduanya mendudukan kepala.
Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus
Umat katolik dari berbagai negara tampak di belakang Ignasius Jonan dan istrinya di lapangan Basilika Santo Petrus.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tepat di hari serah terima jabatan dari Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan kepada Ignasius Jonan, beredar foto yang menunjukkan Ignasius Jonan bersama istrinya, Ratnawati Jonan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, hari Rabu (5/10).

90 lebih foto yang menampilkan Ignasius Jonan bersama istri di Vatikan itu dipublikasikan oleh situs khusus dokumentasi foto resmi vatikan, photovat.com, mulai dari halaman 27 hingga 29.

Tampak beberapa foto merekam upaya Ignasius Jonan mendekati Paus dari Argentina bernama asli Jorge Mario Bergoglio untuk bersalaman di dalam kesempatan Audiensi Umum di lapangan Basilika Santo Petrus.

Tampak pula Jonan memperkenalkan istrinya untuk bersalaman dengan Paus ke-266 itu. Beberapa foto juga menunjukkan istri Jonan mengeluarkan segenggam Rosario untuk diberkati oleh pemimpin 1,2 miliar umat katolik di dunia itu.

Imam Yesuit pertama sekaligus orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang menjadi paus itu juga tampak mendoakan Jonan dan istrinya seraya keduanya mendudukan kepala.

Pengguna Facebook bernama Claudia G Irawaty Sim mengatakan, Jonan memang layak mendapat podium dan diberkati karena dinilai sebagai sosok yang lembut dan baik.

“Pak Jonan memang layak mendapat tempat podium dan diberkati...habis lembut dan baik juga ibu Jonan... kami pernah ketemu dan bincang-bindang di Gereja Katedral di Jakarta sempat diajak foto bersama juga,” tulis Claudia, hari Selasa (18/10) mengomentari foto Jonan dan istrinya di Vatikan.

“Tak disangka, sembilan hari kemudian (14/10), beliau dipilih Presiden Jokowi untuk menahkodai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Bapak Arcandra Tahar. Selamat menjalankan tugas Pak Jonan dan Pak Arcandra!” tulis Lumen Ecclesiae pada halaman Facebooknya.

Pada foto lainnya, Dhiaz Octaviandy mengatakan, “Amin buat bapak. Semoga semua kerja nyata. Bapak selalu di berkati dan diberi kelancaran terkhusus hasil kerja yang jujur dan semua buat rakyat. Gusti Yesus berkati lewat berkat dari Bapa Suci di Vatikan. Berkah Dalem.”

Komentar lainnya disampaikan oleh Teresia Ninda, “Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin...... Bahagia banget Pak Jonan beserta ibu.”

Kepiawaian Manajemen

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM definitif dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, hari Jumat (14/10).   

Ignasius Jonan kembali menjadi anggota Kabinet Kerja sebagai Menteri ESDM dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 114/P Tahun 2016 tentang Pengangkatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Kabinet Kerja dalam Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2014-2019.

Ignasius Jonan sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan di awal Kabinet Kerja. Tugasnya kemudian digantikan oleh Budi Karya Sumadi sejak 27 Juli 2016.

Nama Ignasius Jonan tentu tak asing lagi bagi sejumlah kalangan. Ia telah malang melintang di sejumlah industri di Tanah Air, utamanya industri keuangan. Lama merintis karier di keuangan, atas permintaan pemerintah saat itu, Jonan kemudian berlabuh di PT Kereta Api Indonesia pada 2009 sebagai Direktur Utama. 

Jonan yang kala itu sempat ragu mengemban amanah tersebut karena bukan bidang keahliannya justru banyak menuai sukses karena kepiawaian manajemennya. Perbaikan dan pembenahan yang ia lakukan di PT Kereta Api Indonesia membuat Presiden Joko Widodo mengangkatnya sebagai Menteri Perhubungan di awal masa pemerintahan. Maka itu, sepak terjang Jonan untuk mengelola sektor energi Indonesia kali ini pun layak untuk dinantikan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home