Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:46 WIB | Kamis, 20 Desember 2018

Sebuah Rumah di Republik Ceko Berhias 50.000 Lampu Natal

Para pengunjung memasuki rumah pribadi yang dihiasi dengan lampu Natal di Desa Chotovice dekat Kota Litomysl, Republik Ceko, 18 Desember 2018.(Foto: VOA)

CHOTOVICE, SATUHARAPAN.COM - Seorang warga Republik Ceko, Vaclav Trunec, menghias rumah dengan hiasan Natal merepotkan. Setiap Natal, dia menghiasi rumah dan tamannya dengan untaian lampu hias sepanjang 27 kilometer.

Trunec pertama kali mendekorasi kediamannya 17 tahun yang lalu dengan 200 lampu. Dia lalu pelang-pelan menambah hiasan Natalnya. Sekarang, hiasan Natalnya sudah menarik perhatian ribuan pengunjung ke desa Chotovice setiap musim dingin.

“Mengapa saya memulai dengan ini? Saya terinspirasi oleh film-film Amerika. Tapi saya tidak meniru dekorasi mereka. Saya tetap setia dengan (tradisi) Republik Ceko,” kata Trunec kepada Reuters.

“Karena itu Anda tidak akan menemukan Santa, rusa-rusa kutub, atau lampu bintang yang berkedip-kedip.”

Tahun ini, tema hiasannya adalah kelahiran, hewan-hewan, kereta kuda, bintang-bintang, dan manusia salju. Hiasan Natal Trunec kali ini memecahkan rekor dengan menggunakan 55.274 bola lampu dan LED dioda, serta 304 trafo. Sebanyak 330 bagian dikendalikan oleh satu komputer.

Tiket masuk gratis, tapi diharapkan memberi sumbangan untuk membantu Trunec membayar tagihan listrik sebanyak 500 euro atau sekitar Rp8,3 juta. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home