Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:20 WIB | Sabtu, 27 Februari 2021

Sedikitnya 60 Rumah Rusak Akibat Gempa di Halmahera Selatan

Sebuah rumah yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5,2 di Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara, hari Jumat (26/2). (Foto: BPBD Kabupaten Halmahera Selatan)

LABUHA, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 60 rumah mengalami rusak ringan akibat gempa bumi dengan magnitudo 5,2  yang mengguncang Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan pada hari Jumat (26/2) pukul 18:02 WIB, menurut data sementara yang dilaporkan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari total kerusakan rumah tersebut, Pusdalops BNPB juga melaporkan ada sebanyak 40 KK atau 80 jiwa yang terpaksa harus mengungsi ke beberapa lokasi. Namun kerusakan akibat gempa tersebut masih dalam pendataan.

Selain kerusakan rumah, gempa bumi yang berpusat pada Lintang 0.54 LS dan Bujur 127.51 BT serta kedalaman 10 kilometer tersebut juga merusak beberapa bagian gedung DPRD Halmahera Selatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha.

Menurut informasi sementara, beberapa para pasien RSUD Labuha telah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Adapun personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan juga telah mendirikan tenda darurat untuk tempat pengungsian sementara bagi para pasien.

Sebagaimana informasi sebelumnya, gempabumi sempat dirasakan kuat oleh warga Labuha, Kabupaten Halsel, selama kurang lebih 2-3 detik. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) getaran gempa buni tersebut dirasakan di Kecamatan Bacan, Bacan Selatan, Bacan Timur, Bacan Barat, Bacan Barat Utara dan Bacan Timur Tengah, namun tidak berpotensi tsunami.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home