Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 19:32 WIB | Sabtu, 19 April 2014

Sejarah Paskah Yahudi

Kaum Yahudi Ortodoks sedang membakar Kurban Bakaran di Yerusalem, Minggu (13/4). (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Umat Nasrani mengenal Paskah sebagai peringatan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian akibat salib. Paskah bagi umat Yahudi dimulai sebagai dua yang berbeda, satu untuk penggembala nomaden dan satu untuk petani. Tidak ada hubungannya dengan pembebasan dari penjajahan di Mesir.

Upacara Seder—Perjamuan Paskah. Konon perjamuan terakhir yang dilakukan Yesus dan murid-murid-Nya adalah Seder—adalah salah satu ritual Yahudi yang paling dikenal dan paling banyak dipraktikkan. Namun, jika nenek moyang orang Yahudi mengunjungi salah satu perayaan ini pada zaman modern, mereka akan bingung.

Tidak hanya Seder modern sangat menyimpang dari tradisi Paskah lama. Sebab, selama zaman kuno liburan Paskah juga mengalami perubahan radikal. Berikut ini adalah sejarah Paskah Yahudi. Dimulai dari asal mula  orang Israel sampai penghancuran Bait Allah Kedua pada 70 sM. Kemudian, pembentukan konsekuen dari embrio Seder, yang dikenali orang-orang Yahudi yang modern. Elon Gilad, editor di Haaretz  menyajikannya untuk Anda.

Saat negara Israel yang terpusat terbentuk sekitar 3.000 tahun lalu, agama masyarakat bervariasi dari tempat ke tempat dan mengambil bentuk beraneka ragam, petunjuk yang bisa kita lihat dalam Alkitab, hampir satu-satunya narasi sejarah yang kita miliki dari periode ini. Di antara berbagai kepercayaan rakyat dan praktik keagamaan politeistik—iman proto-Israel—ritus musim semi tampaknya memiliki status khusus. Dua ritual ini nantinya akan terserap menjadi Paskah dan Hag Hamatzot.

Paskah adalah ritual pastoral apotropaic, yaitu: ritual yang tujuannya menangkal kejahatan. Hal itu dilakukan oleh masyarakat Israel segmen semi-nomaden yang hidup dari memelihara ternak. Musim semi adalah waktu yang kritis tahun bagi mereka, waktu beranak dan tanda bahwa segera mereka harus bermigrasi mencari padang rumput musim panas untuk kawanan mereka.

Dalam rangka untuk melindungi ternak mereka, dan keluarga, dari bahaya di depan, mereka akan menyembelih makhluk hidup yang baru lahir sebagai korban, baik domba atau anak-anak mereka, dalam ritual berdarah diikuti dengan pesta keluarga.

Asal Usul Matza

Hag Hamatzot, di sisi lain, adalah perayaan segmen menetap masyarakat Israel, yang tinggal di desa-desa dan yang menggantungkan hidup mereka dari pertanian. Bagi mereka musim semi juga sangat penting, yang berarti awal panen, tempat mereka bergantung untuk suplai makanan.

Dari sereal yang ditanam oleh orang Israel kuno di periode ini, gandum pertama yang siap panen adalah jelai. Meskipun ini dibuat untuk roti kualitas rendah, itu sangat berharga: tidak jarang, pada musim panen, simpanan tahun lalu telah sudah habis dan kelaparan mengintip.

Roti baru ini tidak beragi, sebab ragi yang digunakan pada saat itu adalah sebagian dari adonan disisihkan dari batch terakhir roti. Tapi ini akan menjadi tersedia karena kesenjangan yang diciptakan oleh simpanan yang kosong. Ditambah fakta bahwa tepung barley hampir tidak mengembang pula, dan bahwa teknik baking waktu akan membuat bahkan roti superior yang terbuat dari tepung terigu datar dan keras, dan Anda punya matza.

Namun, saat lapar bahkan matza merupakan penyebab untuk perayaan dan satu bisa membayangkan bahwa alasan pengirikan komunal dipenuhi dengan kegembiraan, keceriaan, dan kegembiraan.

Masa Liburan Digabung

Saat monarki didirikan dan agama terpusat mengambil bentuk, dua hari libur mulai menyatu. Proses ini adalah bertahap yang memuncak di kedua konvergen dengan bulan purnama di pertengahan bulan musim semi Nisan.

Lokasi perayaan dipindahkan dari rumah dan masyarakat ke Bait Suci di Yerusalem.

Tidak diragukan lagi, tonggak penting dalam proses ini berlangsung dalam reformasi Raja Yosia saat berumur 16 tahun pada 622 sM, seperti yang dijelaskan dalam Pasal 22 Kitab 2 Raja-raja.

Kita diberi tahu bahwa Yosia memerintahkan Bait Allah direnovasi. Dan, selama proses ini, saat imam besar Hilkia membersihkan ruang harta Bait Suci dan menemukan  “Kitab Hukum” –diyakini versi awal Kitab Ulangan. Hal ini menyebabkan serangkaian reformasi yang dilakukan oleh Yosia untuk membawa Israel menaati Taurat yang baru ditemukan.

Sebagian besar dari reformasi ini adalah reformasi Paskah: Kemudian raja memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: “Rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian ini!” (23:21)

Paskah tidak lagi menjadi urusan keluarga tetapi ketaatan nasional terpusat: Kitab Ulangan jelas menyatakan bahwa pengurbanan Paskah tidak dapat dilakukan di rumah melainkan di Bait Allah. (16:5-6)

Ziarah ke Yerusalem

Setelah reformasi Yosia, perayaan Paskah berubah menjadi ziarah massal ke Yerusalem. Orang-orang akan membawa domba Paskah mereka (atau anak) untuk dikorbankan di Bait Allah. Pesta roti tidak beragi dimulai sehari setelah itu.

Semua diperintahkan untuk menghindari makan yang beragi selama seminggu, meskipun tampaknya bahwa ini tidak disertai dengan praktik-praktik khusus dalam Bait Allah; Israel mungkin akan mengikuti ajaran ini dalam perjalanan pulang dan di rumah mereka sendiri.

Tidak banyak lagi yang diketahui tentang perayaan pada saat ini. Ini rupanya waktu di mana kisah eksodus dari Mesir diperkenalkan. Tapi, bentuk praktik ini tidak berlangsung lama. Pada 586 sM  bangsa Babel menghancurkan Yerusalem, Bait Allah dihancurkan dan periode dalam sejarah Yahudi disebut Pembuangan Babel dimulai.

Pembuangan di Babel

Ini adalah waktu ketika elite masyarakat Yudea berada pada kondisi relatif melek huruf dan ada di daerah kosmopolitan Babilonia. Mereka tidak memiliki Bait Suci Yerusalem sebagai fokus semangat keagamaan mereka. Pada masa ini juga penulisan banyak teks-teks Alkitab terjadi. Ini termasuk Kitab Keluaran, kisah pusat Paskah. Kisah Keluaran, Paskah, menyatukan orang Yudea dan menyemangati penulisnya sendiri, karena mereka menemukan diri mereka dalam perbudakan di negeri asing, berharap kepada Allah akan membebaskan dan mengembalikan mereka ke tanah air.

Mereka memang dibebaskan pada 538 sM, ketika Koresh Agung, Raja Persia, mengalahkan Babel, dan menyatakan bahwa orang-orang Yahudi bisa kembali ke tanah air mereka dan mendedikasikan kembali Bait Allah mereka. Setelah mereka kembali dan memperbaiki bait baru pada 516 sM, liburan Paskah telah dipulihkan. “Dan pada tanggal empat belas bulan pertama mereka yang pulang dari pembuangan merayakan Paskah. Karena para imam dan orang-orang Lewi bersama-sama mentahirkan diri, sehingga tahirlah mereka sekalian. Demikianlah mereka menyembelih anak domba Paskah bagi semua orang yang pulang dari pembuangan, dan bagi saudara-saudara mereka, yakni para imam, dan bagi dirinya sendiri. Orang-orang Israel yang pulang dari pembuangan memakannya dan demikian juga setiap orang yang memisahkan diri dari kenajisan bangsa-bangsa negeri itu lalu menggabungkan diri kepada mereka, untuk berbakti kepada TUHAN, Allah Israel. Lagipula mereka merayakan hari raya Roti Tidak Beragi dengan sukacita, tujuh hari lamanya, karena TUHAN telah membuat mereka bersukacita; Ia telah memalingkan hati raja negeri Asyur kepada mereka, sehingga raja membantu mereka dalam pekerjaan membangun rumah Allah, yakni Allah Israel” (Ezr. 6:19-22).

Setelah pentahbisan Bait Allah, orang-orang Yahudi akan datang ke Yerusalem beberapa hari sebelum liburan setiap tahun. Mereka akan mempersiapkan liburan dengan pergi melalui ritual kemurnian ketat. Memasuki kompleks Bait dalam kelompok, setiap kepala rumah tangga akan menyerahkan korban binatang mereka kepada para imam, yang membunuh hewan, mengambil darah dan mencurahkan di atas mezbah. Kemudian daging dikembalikan ke keluarga yang telah diberikan dan mereka akan panggang itu dan memakannya dalam batas-batas dari Bait Allah.

Keesokan harinya orang-orang bubar, meskipun mereka akan terus makan roti tak beragi selama seminggu.

Bentuk Paskah berlanjut hingga Pemberontakan Makabe meletus pada 167 sM. Perayaan Paskah di Bait Allah harus berhenti sebentar, sampai Yerusalem direbut kembali oleh anak-anak Makabe dan Bait Allah ditahbiskan pada 165 sM. Pada saat ini Paskah mengalami perubahan lebih lanjut.

Reformasi Hasmonean

Di bawah rezim baru Hasmonean—keturunan Yudas Makabe—pengurbanan korban Paskah dilakukan oleh kepala rumah tangga sendiri, bukan oleh para imam. Di sisi lain, selama minggu berikutnya pengurbanan Paskah khusus diberikan, dan ini dikorbankan oleh staf Bait Allah—para imam dan orang-orang Lewi.

Inovasi lain yang tampaknya telah muncul di bawah Dinasti Hasmonean adalah menyanyikan lagu-lagu memuji Allah dan minum anggur selama makan keluarga, serta beberapa jenis perayaan publik pada akhir minggu Hag Hamatzot.

Perang saudara menyusul pembunuhan Julius Caesar pada 44 sM menyebabkan runtuhnya Dinasti Hasmonean dan bertakhtanya Herodes Agung di Yudea pada 37 sM, sebagai penguasa boneka Roma. Hal ini tak banyak berpengaruh pada Paskah, yang terus cukup banyak seperti itu di bawah kekuasaan Hasmonean. Namun, sejumlah besar orang Yahudi yang datang dari seluruh Kekaisaran Romawi memaksa perubahan, karena tidak ada ruang lagi bagi semua orang untuk memiliki Paskah mereka dalam batas-batas Bait Allah. Aturan yang santai sejauh bahwa makanan bisa dimakan di mana saja dalam Yerusalem.

Tapi arus besar orang-orang Yahudi ke Yerusalem membuat penguasa Romawi gelisah. Beberapa sumber dari periode ini melaporkan bahwa garnisun di Yerusalem itu kuat selama Paskah untuk mempersiapkan kerusuhan apa pun.

Perjamuan Paskah dalam bentuk ini adalah makanan yang dijelaskan dalam Perjanjian Baru sebagai perjamuan terakhir Yesus.

Pada 66 M, ketegangan agama antara warga Yunani dan Yahudi, dan protes atas beban pajak yang berat, memuncak menjadi pemberontakan Yahudi melawan Roma. Pemberontakan ini ditumpas pada tahun 70 M. Legiun Romawi di bawah Titus merebut kembali Yerusalem, menghancurkan Bait Allah dan banyak dari sisa kota. Paskah tidak pernah dirayakan karena sudah lagi.

Dalam Yavne—sekolah rabbi dipimpin Rabbi Yohanan ben Zakai dan Rabban Gamaliel II memulai menempa Yudaisme baru disesuaikan dengan dunia pasca-Bait Allah. Di antara inovasi mereka, yang kemudian disunting ke dalam Mishnah, adalah bentuk embrio Paskah Seder yang kita tahu dan rayakan hari ini. (haaretz.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home