Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Yan Chrisna 00:06 WIB | Selasa, 07 Mei 2013

Sejuta Manfaat Temu Lawak

SATUHARAPAN.COM - Konon sakit limpa, ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi ASI, nafsu makan, Sembelit, sakit Cangkrang, Cacar Air, Sariawan, Jerawat dapat disembuhkan oleh Temu Lawak. Juga mampu memelihara kesehatan Hati, mengatasi Hepatitis, Sakit Kuning, mengatasi perut kembung dan Wasir.

Manfaat lain: sudah umum dijadikan bahan minuman (bir temu lawak), campuran untuk jamu tradisional untuk reumatik, dan dimakan sebagai lalab. Mengandung pati yang bisa digunakan untuk beberapa macam makanan, dan bisa dijadikan bahan pewarna alami.

Temu Lawak Curcuma xanthorrhiza Roxb merupakan terna tahunan yang mencapai tinggi 2,5 meter. Rimpangnya besar berwarna kuning atau coklat kemerahan. Rimpang kecil yang tumbuh dari rimpang induk biasanya berwarna lebih muda. Rimpang berbau harum dan tajam, rasanya pahit agak pedas.

Bunga: keluar dari samping batang semu, mempunyai daun pelindung yang besar dengan beraneka warna. Mahkota bunga berwarna merah.

Asal: Jawa, kemudian menyebar ke Indo-Malesia. Di jawa Timur biasa tumbuh di hutan jati, yang bau dan rasanya beda dengan hasil budidaya.

Tempat tumbuh: Bisa hidup hampir di semua macam tanah, dari dataran rendah sampai 750 meter dari permukaan laut. Memerlukan tempat terlindung. Budidaya sudah dilakukan di Indonesia (Jawa), Thailand dan Filipina.

Perbanyakan: dengan rimpang. Pengambilan secara besar-besaran, karena nilai ekonominya yang tinggi membuat jumlah yang tumbuh liar di hutan berkurang drastis.

Sumber: Puslitbang Biologi-LIPI


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home