Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 10:13 WIB | Senin, 03 Desember 2018

Seksi I Diresmikan, Jalan Tol Bocimi Akan Sambung ke Bandung dan Cilacap

Seksi I Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Ruas Bogor-Cigombong diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/12), memangkas waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang biasa memakan waktu lima jam. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I, dari Ciawi hingga Cigombong, di gerbang tol Cigombong 1, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12) siang.

Presiden mengatakan, pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) telah ditetapkan tahun 1997 dan sudah beberapa kali berganti investor. Artinya, sudah 21 tahun berlalu.

“Pada 2015 kita negosiasi untuk diambil alih. Mengambil alih pun dengan negosiasi yang alot, setahun lebih. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan, konstruksi, pembebasan lahan bisa dimulai awal 2016,” ungkap Presiden.

Presiden berharap Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini nanti akan bersambung, ke Cianjur, lalu ke Bandung, terus ke timur ke Cilacap.

Presiden menyatakan rasa bahagianya meresmikan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi,  untuk Seksi 1 Ciawi – Cigombong, memangkas waktu masa tempuh yang selama ini normalnya memakan waktu lima jam.

Ia mengingatkan, mobilitas orang, mobilitas barang, mahalnya transportasi, harus betul-betul bisa diselesaikan dengan nantinya jalan tol ini.

“Kita harapkan bisa berkembang ekonomi yang ada di Sukabumi, terutama sisi pariwisata yang kita lihat, saya kira memiliki kekuatan yang besar Kabupaten Sukabumi, siap berkembang dengan baik,” kata Presiden.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 kilometer (km), dibagi menjadi empat seksi, yaitu: Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.

Mendampingi Presiden dalam peresmian antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi K Sumadi, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. (setkab.go.id)

Editor : Sotyati

Back to Home