Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 06:39 WIB | Senin, 03 Agustus 2020

Selesai Ibadah Haji, Jemaah Akan Dikarantina 14 Hari

Jemaah haji mengenakan masker wajah dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf di sekitar Ka'bah selama haji tahunan di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di kota Mekah. (Foto: Reuters)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM-Jemaah haji di Arab Saudi menuju ke Ka'bah di Mekah pada hari Minggu (2/8) untuk melakukan ritual "tawaf" terakhir dengan berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali. Itu menandai hari terakhir haji tahun ini di bawah tindakan ketat pencegahan virsu corona.

Para peziarah diangkut dari daerah Mina untuk terlebih dahulu menyelesaikan ritual “jumrah” secara simbolis sebagai merajam setan di mana mereka melemparkan kerikil ke dinding, menurut laporan Al Arabiya.

Mereka kemudian diatur untuk mengunjungi Masjidil Haram di Mekah, di mana mereka akan melakukan "tawaf" dalam kelompok yang ditunjuk dalam upaya untuk menghindari penyebaran virus atau risiko kesehatan lainnya.

Setelah selesai, peziarah akan diangkut ke hotel untuk isolasi diri sementara, dan sebagian lain akan kembali ke kota asal mereka di mana mereka harus dikarantina selama 14 hari, menurut laporan Al Arabiya.

Komandan Pasukan Khusus Keamanan Masjid Agung, Mayor Jenderal Yahya bin Abdulrahman al-Aqil, mengatakan kepada Badan Pers resmi Saudi (SPA) pada hari Minggu (2/8)  bahwa semua tindakan pencegahan dan pengaturan yang diperlukan telah selesai dan Masjid Agung siap menerima para peziarah haji untuk kunjungan terakhir.

Jemaah haji akan memasuki Masjidil Haram melalui pintu-pintu yang ditunjuk dan diharuskan mengikuti jalur khusus yang ditandai untuk menjaga jarak sosial hingga ke area tawaf. Mereka kemudian akan mulai mengelilingi secara kelompok.

Karena pandemi virus corona, Arab Saudi hanya mengizinkan orang-orang yang tinggal di negara itu dan yang memenuhi kriteria untuk ikut dalam haji tahun ini, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home