Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:02 WIB | Jumat, 01 Agustus 2014

Senam Sumbangkan Tambahan Emas Bagi Inggris

Pesenam putri Inggris, Claudia Fragapane. (Foto: itv.com)

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Dua pesenam Inggris, Max Whitlock dan Claudia Fragapane memenangkan medali emas  bagi Inggis pada ajang olah raga negara-negara persemakmuran (Commonwealth Games 2014), hasil ini mereka dapat pada Kamis (31/7) di Scottish Exhibition and Conference Centre (SECC), Glasgow, Skotlandia.

Pesenam Inggris itu menambah perolehan pundi-pundi medali Inggris di ajang multi olah raga negara-negara persemakmuran  menjadi 44 emas, 40 perak, dan 36 medali perunggu dengan total 123 medali.  Whitlock (21) memenangkan nomor lantai putra, sedangkan Fragapane (16) menggapai medali tersebut dari nomor gelang-gelang besi.  

Sementara itu pesenam lainnya yang turut menyumbang medali adalah Rebecca Downie dan Alex Dowsett. Whitlock mencatat poin tinggi dengan 15,533 poin untuk mengalahkan pesenam Kanada, Scott Morgan, sementara itu pesenam Selandia Baru David Bishop mendapatkan perunggu.

“Saya sangat senang dengan senam lantai dan saya merasa saya dapat gairah dengan mengalahkan saingan saya. Mereka telah melakukan hal yang sangat baik,” kata Whitlock.

“Aku mulai merasa sedikit lelah sekarang dan aku akan fokus pada nomor final lompat senam artistik palang,” kata Whitlock sesuai menerima medali.

Ajang multi olah raga ini telah memunculkan beberapa peristiwa yang berkaitan dengan sportivitas dan kejujuran yakni atlet Nigeria yang gagal menjalani tes doping, Chika Alamaha.

Sementara itu pesenam lain yang berkomentar seusai menerima medali adalah pesenam Skotlandia, David Keatings yang memenangkan medali emas pada nomor senam dengan kuda-kuda pelana, karena pesenam berusia 24 tahun tersebut  sebenarnya terninspirasi mengalahkan Whitlock dan pesenam nomor kuda-kuda pelana Inggris lainnya dengan poin yang sama, Daniel Keatings meraih nilai 16.058 sedangkan Whitlock hanya memperoleh 15,966 dan Smith mendapat 14,966.

“Saat ini ada banyak hal yang harus saya lakukan untuk kontingen Britania Raya,” kata pesenam putra berusia 25 tahun tersebut.

Pesta Olahraga Persemakmuran atau dalam bahasa Inggrisnya Commonwealth Games diadakan setiap empat tahun sekali, melibatkan atlet-atlet terbaik dari negara-negara yang menjadi jajahan Britania Raya. Atlet yang bertanding dalam ajang ini  tergabung dalam Commonwealth Games Federation (CGF) yakni organisasi yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengendalikan ajang ini.

Pertama kali, ajang ini dikenal dengan British Games, diadakan pada 1930 di Hamilton, Ontario, Kanada. Perubahan nama menjadi Commonwealth Games pada tahun 1978.  (bbc.com/Wikipedia.org).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home