Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:29 WIB | Senin, 01 September 2014

Senator AS Desak Persenjatai Ukraina Lawan “Invasi” Rusia

Pemberontak pro-Rusia. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Kepala Komite Hubungan Luar Negeri di Senat Amerika Serikat pada Minggu (31/8) mengimbau AS memasok senjata ke Ukraina guna melawan apa yang disebut “invasi langsung” dari Rusia.

“Kita harus menyediakan kepada Ukraina jenis senjata defensif yang akan memberikan tekanan terhadap (Presiden Rusia Vladimir) Putin untuk agresi lebih lanjut,” kata Robert Menendez dalam program ‘State of the Union’ di CNN.

“Ini bukan lagi masalah separatis pemberontak, ini invasi langsung dari Rusia. Kita harus mengakuinya seperti itu.”

Pernyataannya muncul setelah Putin dituduh kembali memanaskan konflik Ukraina dengan menyerukan soal status pembahasan kenegaraan wilayah timur bekas Soviet itu.

Kiev memperingatkan pihaknya berada di ambang “perang berskala penuh” dengan Moskow, yang dikhawatirkan Eropa akan menempatkan benua itu dalam konflik yang semakin meluas.

Secara khusus, pemerintah Ukraina mengatakan pemberontak dalam beberapa hari terakhir ini memiliki sejumlah besar kontingen tentara reguler Rusia yang kini memusatkan kekuatan di kota-kota besar di seluruh wilayah timur.

“Saya pikir Uni Eropa, NATO, serta Amerika Serikat harus mempertimbangkan hal ini secara lebih berbeda dan kita harus memberikan Ukraina kesempatan berjuang untuk membela diri,” ujar Menendez, senator partai Demokrat, dari Kiev. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home