Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:56 WIB | Jumat, 30 Oktober 2020

Seorang Menyerang di Gereja Nice, Prancis, Membunuh Tiga Warga

Polisi Prancis dan petugas forensik berdiri di depan gereja Notre Dame setelah serangan dengan pisau, di Nice, Prancis, hari Kamis (29/10/2020). (Foto: AP).

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Seorang penyerang bersenjatakan pisau menewaskan tiga orang di sebuah gereja hari Kamis (29/10) di kota Nice, Prancis, kata pihak berwenang Prancis. Itu adalah serangan ketiga dalam dua bulan di Prancis, yang semakin tegang selama kehebohan atas karikatur Nabi Muhammad yang diterbitkan ulang oleh surat kabar satir “Charlie Hebdo”.

Konfrontasi dan serangan lainnya dilaporkan hari Kamis di kota Avignon dan di kota Jeddah Saudi, tetapi tidak jelas apakah mereka terkait dengan serangan di Nice.

Penyerang hari Kamis di Nice terluka oleh polisi dan dirawat di rumah sakit setelah pembunuhan di Notre Dame Bascilica, kurang dari satu kilometer dari lokasi pada tahun 2016 di mana penyerang lain menabrakkan sebuah truk ke kerumunan Hari Bastille, menewaskan puluhan orang.

Kantor kejaksaan anti terorisme Prancis membuka penyelidikan atas pembunuhan Nice, yang menandai serangan ketiga sejak pembukaan sidang pada bulan September terhadap 14 orang yang terkait dengan pembunuhan Januari 2015 di kantor “Charlie Hebdo” dan supermarket halal. Orang-orang bersenjata dalam serangan 2015 mengklaim kesetiaan kepada kelompok Negara Islam dan Al-Qaeda.

Penyerang hari Kamis diyakini bertindak sendiri dan polisi tidak mencari penyerang lain, kata dua pejabat polisi, yang tidak berwenang untuk disebutkan namanya secara terbuka.

“Dia berteriak Ê»Allah Akbar!' berulang kali, bahkan setelah dia terluka,'' kata Walikota Nice Christian Estrosi, yang mengatakan kepada televisi BFM bahwa dua perempuan dan seorang pria telah meninggal, dua di dalam gereja dan yang ketiga melarikan diri ke bar terdekat tetapi terluka parah. “Arti dari gerakannya tidak diragukan lagi.''

Media Prancis menunjukkan lingkungan Nice dikunci dan dikelilingi oleh polisi dan kendaraan darurat.

Serangan di Avignon

Di kota Avignon, seorang pria bersenjata ditembak mati oleh polisi setelah dia menolak untuk menjatuhkan senjatanya dan tembakan dengan  flash-ball gagal menghentikannya, kata seorang pejabat polisi. Dan kantor berita yang dikelola pemerintah Arab Saudi, SPA mengatakan seorang pria menikam seorang penjaga di konsulat Prancis di Jeddah, melukai penjaga sebelum dia ditangkap.

Dewan Kepercayaan Muslim Prancis mengecam serangan di Nice dan meminta Muslim Prancis untuk menahan diri dari perayaan pekan ini yang menandai kelahiran Muhammad "sebagai tanda berkabung dan solidaritas dengan para korban dan orang yang mereka cintai.''

Ekstremis ISIS mengeluarkan video pada hari Rabu memperbarui seruan untuk serangan terhadap Prancis.

Majelis rendah parlemen menangguhkan perdebatan tentang pembatasan virus baru Prancis dan mengadakan hening sejenak pada hari Kamis untuk para korban. Perdana menteri bergegas dari aula ke pusat krisis untuk mengawasi setelah serangan Nice. Presiden Prancis Emmanuel Macron menuju ke Nice sore harinya.

Kurang dari dua pekan yang lalu, seorang penyerang memenggal kepala seorang guru sekolah menengah Prancis yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad untuk sebuah kelas tentang kebebasan berbicara. Karikatur itu diterbitkan oleh “Charlie Hebdo” dan dikutip oleh orang-orang yang menembaki rapat editorial surat kabar itu pada tahun 2015.

Pada bulan September, seorang pria yang mencari suaka di Prancis menyerang orang-orang di luar bekas kantor “Charlie Hebdo” dengan pisau daging. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home